PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN KIMIA TENTANG KESETIMBANGAN KIMIA DI KELAS XI IPA-B SMA NEGERI 5 KOTA BOGOR

Authors

  • Lia Kosfina SMA Negeri 5 Kota Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v7i1.1005

Abstract

Penelitian ini beranjak dari fenomena yang terjadi di kelas bahwa rendahnya pemahaman dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Kimia tetang Kesetimbangan Kimia. Oleh karena itu seorang guru perlu mempertimbangkan strategi pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang Kesetimbangan Kimia di kelas XI IPA-B SMA Negeri 5 Kota Bogor semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. (2) untuk menggambarkan peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam penerapannya tentang Kesetimbangan Kimia di kelas XI IPA-B SMA Negeri 5 Kota Bogor semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. (3) untuk mengukur peningkatan hasil belajar peserta didik tentang Kesetimbangan Kimia di kelas XI IPA-B SMA Negeri 5 Kota Bogor semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas XI IPA-B SMA Negeri 5 Kota Bogor. Sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 67,30 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw menjadi 74,67 pada siklus I dan 89,27 pada siklus II.
Dari uraian di atas peneliti menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw tentang Kesetimbangan Kimia dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu peneliti menyarankan agar penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw disosialisasikan dan digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran Kimia di sekolah-sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bogor.

Downloads

Published

2018-01-01

How to Cite

Kosfina, L. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN KIMIA TENTANG KESETIMBANGAN KIMIA DI KELAS XI IPA-B SMA NEGERI 5 KOTA BOGOR. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v7i1.1005

Issue

Section

Artikel