MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TENTANG INSTALASI LAMPU PENERANGAN BANGUNAN GEDUNG PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MACTH SEMESTER 3 KELAS XI LB SMKN 2 BOGOR

Indarto .

Abstract


Penelitian ini beranjak dari fenomena yang terjadi di kelas bahwa rendahnya pemahaman dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Instalasi Penerangan Listrik tentang meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang instalasi lampu penerangan istrik bangunan gedung pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik dengan menggunakan model pembelajaran make a macth semester 3 kelas XI Lb SMKN 2 Bogor tahun pelajaran 2015-2016 Oleh karena itu seorang guru perlu mempertimbangkan strategi pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a macth dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang instalasi lampu penerangan listrik bangunan gedung pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik dengan menggunakan model pembelajaran make a macth semester 3 kelas XI Lb SMKN2 Bogor tahun pelajaran 2015-2016; 2) Untuk menggambarkan proses peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a macth di kelas XI LB SMKN 2 Bogor, pada Instalasi Penerangan listrik; 3) Untuk mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang instalasi lampu penerangan listrik bangunan gedung pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik dengan menggunakan model pembelajaran make a macth semester3 kelas XI Lb SMKN2 Bogor tahun pelajaran 2015-2016.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a macth dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas XI LB SMK Negeri 2 Bogor. Sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a macth hasil belajar peserta didik hanya 27,59 % mencapai nilai rata-rata 62,74 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan media pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe make a macth menjadi 76, 54 pada siklus 1 dan 82,60 pada siklus 2.


Full Text:

PDF

References


.........., The Lighting Handbook 1st Edition, Zumtobe Staff, UK 2004.

..........., Electrical Instalation Guide, Schneider Electric, 2009.

AJ Watkins and Chris Kitcher, Electric Installation Calculation, Newnes San Francisco 2009.

Standar International Electrotechnic Commition (IEC).

Ardiansyah, M Asrori. (2012) .Makalah Pendidikan: Komponen Komponenen Pembelajaran. [Online]. http://www.majalah pendidikan.com/2011/05/makalah-pendidikan-komponen-komponen.html. [24 Februari 2013].

Arif, M Saikhul. (2011). Pengertian Strategi, Model, Teknik dan Taktik. [Online]. http://blog.elearning.unesa.ac.id/m-saikhul-arif?p=3. [24 April 2012].

Covey, Stephen R. (2008). The 8th HABIT. Melampaui Efektifitas. Menggapa Keagungan. Jakarta: Gramedia Utama.

Daryanto. 2005. Evaluasi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2004. Kurikulum Pendidikan Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah dan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fisher, Alee. 2008. Berpikir Kritis SebuahPengantar. Jakarta: Erlangga.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses BelajarMengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Hariyanto. 2012. Pengertian dan Tujuan Pembelajaran. [Online]. http://belajarpsikologicom/pengertian/dan/tujuan/pembelajaran/.

Hassoubah, Zaleha Ishab. 2004. Deveoping Creative & Critical Thinking Skills. Terjemahan Bambang Suryadi. Bandung: Penerbit Nuansa.

Kamdi, W. 2002. Mengajar berdasarkan model dimensi belajar. Genteng kali: Jurnal Guruan Dasar dan Menengah.

Mukhtar, dan Martinis Yamin. 2002. Sepuluh Kiat sukses mengajar di kelas. Jakarta: Nimas Multima.

Munandir. 2001. Ensiklopedi Pendidikan. Malang: UM Press.

PUIL Edisi 2000.

Priantna, Dewi Eka. 2012. Penerapan Model Quantum Learning Dengan Learning Style VAK. SKRIPSI UPI Bandung: Tidak Diterbitkan.

Vol. 7 No. 2 Juli 2018

Rida Isnu. W. dan Soepartono. Instalasi Cahaya dan Tenaga, Direktorat Pendidikan dan kebudayaan.

Rudiger Ganslandt, Harold Hofmann. Handbook of Lighting Design. ERCO Leugchten GmbH, Braunschweig/Wiesbaden German 1992.

William A Thue, Electric Power Cable Engineering, Marcel Dekker Inc, New York, 1999.




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/tek.pend.v7i2.1221

Article Metrics

Abstract view : 146 times
PDF - 86 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lantai 1 Gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335