HUBUNGAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SMP SCHOOL OF UNIVERSE

Andri Lesmana

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika peserta didik SMP School of Universe. Salah satu faktor yang diduga berhubungan dengan hasil belajar matematika adalah kecerdasan logis matematis dan komunikasi interpersonal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara kecerdasan logis matematis dengan hasil belajar matematika; (2) hubungan antara komunikasi interpersonal dengan hasil belajar matematika; (3) hubungan antara kecerdasan logis matematis dan komunikasi interpersonal secara bersama-sama dengan hasil belajar matematika. Pengumpulan data menggunakan instrument tes dan non tes. Sebelum instrument digunakan dalam penelitian, terlebih dahulu diujicobakan pada satu kelas yang setara di MTSN 1 Parung yang ditetapkan sebagai kelas ujicoba. Kemudian dilakukan uji validitas dan reliabilitas untuk masing-masing instrument. Pada isntrumen tes, uji validitas menggunakan korelasi Point Biserial dan uji reliabilitas menggunakan Kuder Richardson-20. Sedangkan pada instrument non tes uji validitas menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat hubungan positif antara kecerdasan logis-matematis (X1) dengan hasil belajar matematika (Y). Variabel bebas X1 (Kecerdasan Logis-Matematis) memiliki pengaruh kontribusi sebesar 45,2% terhadap variabel Y (Hasil Belajar Matematika) dan 54,8% lainnya dipengaruhi oleh factor-faktor lainnya diluar variabel X1; (2) terdapat hubungan positif antara komunikasi interpersonal (X2) dengan hasil belajar matematika (Y) memiliki pengaruh kontribusi sebesar 33,2% terhadap variabel Y dan 66,8% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel X2; dan (3) terdapat hubungan positif antara kecerdasan logis-matematis (X1) dan komunikasi interpersonal (X2) dengan hasil belajar matematika yang menunjukkan bahwa 57,5% Hasil Belajar Matematika dapat dipengaruhi secara bersama-sama oleh variabel Kecerdasan Logis Matematis dan Komunikasi Interpersonal.

Keywords


Kecerdasan Logis Matematis; Komunikasi Interpersonal; Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Armstrong, T. Multiple Intelligences in The Classroom Third Edition, terjemahan Dyah Widya Prabaningrum. Jakarta: Indeks, 2013.

Budyatna, M. Dan Ganiem, L. M., Teori Komunikasi Antar Pribadi. Jakarta: Kencana, 2012.

DeVito, J. A. Komunikasi Antar Manusia: Kuliah Dasar Edisi Kelima. New York: Harper Collins, 1995.

Dimyati dan Mujiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineksa Cipta, 2006.

Dzikron, M. Hubungan Kecerdasan Intrapersonal, Kecerdasan Logis Matematis dan Persepsi Peserta Didik Terhadap Pelajaran Matematika dengan Hasil Belajar Matematika Pada Peserta Didik Kelas VII Semester 1 SMP Islam Wonogiri Pekalongan. Skripsi pada IKIP Semarang, Semarang, 2012: Tidak Diterbitkan.

Gardner, H. Multiple Intelligences, terjemahan Yelvi Andri Zaimur. Jakarta: Daras Book, 2013.

Jayantika, I. T, Ardana I. M, Sudiarta I. G. P., Kontribusi Bakat Numerik Kecerdasan Spasial dan Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Negeri di Kabupaten Buleleng. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Matematika Vol. 2. Buleleng, 2013: Tidak Diterbitkan.

Maulana, H. Dan Gumelar, G. Psikologi Komunikasi dan Persuasi. Jakarta: Akademia Permata, 2013.

Miarso, Y. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.

Naim, N. Dasar Dasar Komunikasi Pendidikan. Yogyakarta: ArRuzz Media, 2011.

Rasyid, H. Dan Mansur. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: CV. Wacana Prima, 2007.

Sagala, D. A., Pengaruh Metode Pembelajaran dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Biologi Kelas XI SMK Negeri 2 Rantau Utara. Tesis Magister pada PPS UNIMED. Medan, 2012: Tidak Diterbitkan.

Suhendi, H. Pengaruh Kecerdasan Logis-Matematis, Rasa Percaya Diri, dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2012.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidkan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.

Sukada I. K. Sadia W dan Yudana M. Kontribusi Minat Belajar, Motivasi Berprestasi dan Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik SMA Negeri 1 Kintamani. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Matematika Vol. 4. Buleleng, 2013: Tidak Diterbitkan.

Surapranata S. Analisis Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes: Implementasi Kurikulum 2004. Bandung; Remaja Rosdaka, 2009.

Ula S. Revolusi Belajar: Optimalisasi Kecerdasan melalui Pembelajaran Berbasis Majemuk. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Undang Undang Republik Indonesia Tentang Sistem Pendidikan Nasional, dihimpun oleh Redaksi Sinar Grafika. Jakarta: Sinar Grafika. 2009.

Wibowo, S. Hubungan antara Pengetahuan Strategi Pembelajaran, Keinovatifan dan Komunikasi Interpersonal dengan Kemampuan Widyaswara Mengelola Pembelajaran. Disertasi Doktor pada PPS UNJ Jakarta, 2008: Tidak Diterbitkan.




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/tek.pend.v8i1.1722

Article Metrics

Abstract view : 1287 times
PDF - 1792 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lantai 1 Gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335