UJI EFEKTIVITAS MEDIA INTERAKTIF INTEGRASI NASIONAL UNTUK PERKULIAHAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN

Authors

  • Mohammad Muhyidin Nurzaelani
  • Rusdi Kasman

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v8i1.1729

Keywords:

Uji Efektifitas, Integrasi Nasional, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Abstract

Media interaktif merupakan salah satu perantara yang digunakan untuk menyampaikan pesan dalam pembelajaran agar mahasiswa dapat memahami materi yang disampaikan oleh dosen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas penggunaan media interaktif Integrasi Nasional untuk perkuliahan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Uji efektivitas media interaktif dilakukan untuk mengukur seberapa efektif media interaktif integrasi nasional dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar mahasiswa dalam perkuliahan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Data efektifitas media interaktif integrasi nasional terhadap hasil belajar dalam penelitian ini dilihat dari presentase mahasiswa yang memperoleh nilai kuis di atas nilai minimal kelulusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media interaktif integrasi nasional berbasis mobile learning dinilai sangat efektif untuk digunakan berdasarkan penilaian hasil tes mahasiswa dimana 86% mahasiswa memperoleh nilai di atas nilai minimal, dan penilaian aktivitas mahasiswa oleh observer dengan presentase rata-rata kefektivan sebesar 82% dengan kategori sangat efektif.

References

Nurzaelani, Mohammad Muhyidin, Kasman, Rusdi. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Integrasi Nasional Berbasis Mobile, Prosiding SNTP: Seminar Nasional Teknologi Pendidikan, Bogor: Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Ibn Khaldun Bogor.

Sari, Liza Yulia, Susanti, Diana. (2016). Uji Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Berorientasi Konstruktivisme pada Materi Neurulasi untuk Perkuliahan Perkembangan Hewan. BioCONCETTA, Vol. 2 No. 1: 158-164.

Pimpinan MPR dan Badan Sosialisasi MPR RI Periode 2014-2019. (2017). Materi Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, Jakarta: Sekretariat Jenderal MPR RI.

Hendrayana. (2009). Learning Component of Classrom Academic Performance. Journal of Educational Psychology, 82 (1) 33-40.

Arikunto, Suharsimi. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2019-01-01

How to Cite

Nurzaelani, M. M., & Kasman, R. (2019). UJI EFEKTIVITAS MEDIA INTERAKTIF INTEGRASI NASIONAL UNTUK PERKULIAHAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v8i1.1729