PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATA PELAJARAN FINISHING KONSTRUKSI KAYU MENGGUNAKAN POLITUR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS XI BA SMK NEGERI 2 KOTA BOGOR

Surisman .

Abstract


Penelitian ini beranjak dari fenomena yang terjadi di kelas bahwa rendahnya pemahaman dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran finishing konstruksi kayu menggunakan politur. Oleh karena itu seorang guru perlu mempertimbangkan strategi pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui bahwa model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang finishing konstruksi kayu menggunakan politur di kelas XI.BA SMK Negeri 2 Kota Bogor; 2) untuk menggambarkan proses peningkatan hasil belajar peserta didik tentang finishing konstruksi kayu menggunakan politur sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran berbasis proyek di kelas XI.BA SMK Negeri 2 Kota Bogor; 3) untuk mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik tentang finishing konstruksi kayu menggunakan politur setelah menggunakan model pembelajaran berbasis proyek di Kelas XI.BA SMK Negeri 2 Kota Bogor, tahun pelajaran 2014 -2015. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas XI .BA SMK Negeri 2 Kota Bogor. Sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis proyek hasil belajar peserta didik pra siklus hanya mencapai nilai rata-rata 55,96 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran berbasis proyek menjadi 73,33 pada siklus 1 dan 80,75 pada siklus 2.

Keywords


Model Pembelajaran Berbasis Proyek; Mata Pelajaran Finishing Konstruksi Kayu Menggunakan Politur; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad. 1993. Penelitian Kependidikan,Prosedur dan Strategi. Bandung Angkasa.

Dahar. 1989. Finishing kayu: praktik finishing kayu. Bandung: Alfabeta.

Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah.Yogyakarta: Gava Media.

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: P2LPTK.

Dimyati dan Mudjiono. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Drs.Muhammad Fatori,MP,Buku siswa,Finishing Konstruksi Kayu, Kemendikbud, 2013.

Jihad, A dan Haris, A. 2013.Evaluasi Pendidikan.Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Model Pembelajaran Berbasis Proyek. https://docs.google.com/document/d/1 noKMTmfQyofqEX461Wb2g5T P7Y9GWTPuBWR3lkSiw2U/edit?pli= 1 .16 april 2014 (10:30).

Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Persindo.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, Standar Nasional Pendidikan, Jakarta, Depdiknas.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54 tahun 2013, Standar Kompetensi Lulusan, Jakarta, Kemendikbud.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 64 tahun 2013, Standar Isi, Jakarta, Kemendikbud.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 tahun 2013, Standar Proses, Jakarta, Kemendikbud.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 57 tahun 2014, Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidayah, Jakarta, Kemendikbud.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan.. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: PT Bumi Aksara.

Sunhaji. 2012. Strategi Pembelajaran: Kedudukan Metode Mengajar Dalam Sistem Pembelajaran. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.

Yuswanto. 2000. Finishing Kayu: Melaksanakan Pekerjaan Politur. Yogyakarta: Kanisius.




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/tek.pend.v8i1.1731

Article Metrics

Abstract view : 332 times
PDF - 251 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lantai 1 Gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335