PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK DENGAN MATERI MENGGUNAKAN ALAT-ALAT UKUR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI SMK NEGERI 2 KOTA BOGOR

Ujang Hari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Meningkatkan keaktifan siswa pada pelajaran teknologi mekanik tentang teknik penggunaan alat ukur siswa kelas X MA SMK Negeri 2 Kota Bogor dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL), (2) Meningkatkan prestasi hasil belajar siswa pada pelajaran teknologi mekanik tentang teknik penggunaan alat ukur siswa kelas X MA SMK Negeri 2 Kota Bogor dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dengan data berupa data kuantitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MA dengan jumlah siswa 32. Data keaktifan siswa dikumpulkan dengan observasi dan data prestasi hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan hasil ulangan harian. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Adanya peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran pada siklus I persentase Keaktifan dalam proses pembelajaran 75,56%, termasuk dalam kategori baik, pada siklus II diperoleh persentase keaktifan rata-rata 88,69%. (2) Adanya peningkatan prestasi hasil belajar siswa yaitu pada siklus I persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 78,13% dan pada siklus II sebesar 83,37%.

Keywords


Pelajaran Teknologi Mekanik; Alat Ukur; Contextual Teaching And Learning (CTL)

Full Text:

PDF

References


Anas Sudijono. (2005). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Elaine B. Johnson. 2010. Contextual Teaching and Learning Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Kaifa.

Hamzah B. Uno. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Moh Uzer Usman. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya. _______ _. (1996).CBSA: Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2004). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ngalim Purwanto. (2002). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

______________. (2006). Prinsipprinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Oemar Hamalik. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

_____________. (2005). Kurikulum dan Pembelajarannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. (2001). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta, CV.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, & Supardi. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

________________. (2012). DasarDasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukardi. (2012). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/tek.pend.v8i1.1734

Article Metrics

Abstract view : 396 times
PDF - 356 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lantai 1 Gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335