PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD), EKSPOSITORI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS

Rina Herlina, Yanuardi Yanuardi, Abdul Madjid

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji: (1) perbedaan hasil belajar antara siswa yang mengikuti strategi pembelajaran STAD dan strategi pembelajaran ekspositori dalam mata pelajaran bahasa Inggris. (2) ada tidaknya pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar bahasa Inggris. (3) perbedaan hasil belajar siswa dengan kemandirian belajar tinggi yang mengikuti pembelajaran dengan strategi pembelajaran STAD dan strategi ekspositori dalam mata pelajaran bahasa Inggris. (4) perbedaan hasil belajar siswa dengan kemandirian rendah yang mengikuti pembelajaran dengan strategi pembelajaran STAD dan strategi ekspositori dalam mata pelajaran bahasa Inggris. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran STAD lebih tinggi dibandingkan menggunakan strategi ekspositori dengan selisih rata rata 1,61. (2) terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar bahasa Inggris. (3) hasil belajar siswa dengan kemandirian tinggi yang belajar menggunakan strategi pembelajaran STAD lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan strategi ekspositori dengan selisih rata rata 5,22. (4) hasil belajar siswa dengan kemandirian rendah yang belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran STAD lebih rendah dibandingkan dengan menggunakan strategi ekspositori dengan selisih rata rata 2,00


Keywords


strategi pembelajaran; kemandirian belajar; hasil belajar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdul majid. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Agus Suprijono. 2012. Cooperative Learning teori dan Aplikasi PAIKEM Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Arief, Zainal Abidin, 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bogor : Graha Widya Sakti

Brown, H.Douglas. 2008. Prinsip Pembelajaran Dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Kedutaan Amerika Serikat.

Elaine B. Johnson. 2007. Conceptual Teaching and Learning Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Menghasilkan dan Bermakna. Terj. Ibnu Setiawan.Bandung : Mizan Learning Center.

Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Pressindo.

Kasihani K.E Suryanto. 2009. English for Young Leaners. Jakarta : Bumi Aksara.

Mohammad Ali dan Mohammad Asrori. 2006. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Robert E. Slavin. 2015. Cooperatif Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung : Nusa Media.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali PressSatrio Wahono, 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta. PT. Indeks.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-ruzz Media.

Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2010.Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor : Ghalia Indonesia.

Suparman, M. Atwi. 2012. Desain Instruksional Modern. Jakarta : Erlangga

Suryono dan Hariyanto. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : PT. Rosdakarya.

Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:Kencana.

W.S. Winkel S.J. 2004. Psikolog Pengajaran. Yogyakarta : Media Abadi Yasin Setiawan, Perkembangan Kemandirian Seorang Anak, Indeks artikel Siaksoft, posted by Edratna 28 Juli 2007.

P Kusuma Negara, , N Natajaya , AAIN Marhaeni, Pengaruh Pembelajaran Koperatif Tipe Stad Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Bahasa Inggris Siswa Kelas Xi Sma Negeri 2 Amlapura, http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ap/article/viewFile/1003/752. Diakses tanggal 5 Januari 2018.

Jurnal Lingiustik Terapan, Pengaruh Strategi Pembelajaran (Stad Vs Konvesional) Dan Modalitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Vocabulary Dalam Berbicara Bahasa Inggris, http://jlt-polinema.org/?p=693 diakses tanggal 5 Januari 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/tek.pend.v8i2.1978

Article Metrics

Abstract view : 137 times
PDF (Indonesian) - 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lantai 1 Gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335