PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA TENTANG SIFAT-SIFAT CAHAYA DI KELAS V A SEMESTER II BAGI SISWA SD NEGERI BANTARKEMANG 1 TAHUN AJARAN 2017/2018

Authors

  • Imas Sumarni SDN 1 Dewi Sartika

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v9i1.2764

Keywords:

model pembelajaran project based learning, aktivitas, hasil belajar siswa, ipa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data tentang perbedaan hasil belajar antara siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran project based learning dengan siswa yang mengunakan model pembelajaran project based learning. Inovasi pembelajaran tersebut diharapkan berimplikasi terhadap proses pembelajaran IPA yang lebih bermakna tetutama dalam  menerapkan sifat-sifat cahaya.

Penelitian dilakukan selama 6 bulan dari Januari sampai bulan Juni 2018,  yang bertempat di SDN Bantarkemang 1 dengan subyek kelas V-A. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran project based learning. Pembelajaran dibagi menjadi 2 siklus, siklus 1 menggunakan pendekatan kelompok dengan pembagian 6 kelompok yang masing-masing terdiri dari 6-7 orang.  Dalam proses pembelajarannya menggunakan pembelajaran project based learning. Siklus II menggunakan pola tugas individual yang masing-masing siswa diberi tugas yang sama. Dalam proses pembelajaranya  menggunakan pembelajaran project based learning.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran project based learning sangat membantu siswa dalam meningkatkan aktifitas dan  mencapai hasil belajar yang lebih baik. Terdapat perubahan yang cukup signifikan terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan hasil belajar yang dicapai siswa sebelum menggunakan model pembelajaran project based learning . Sebagai buktinya rata-rata ketuntasan pada kondisi awal hanya 31.43 % lalu meningkat pada hasil  belajar setelah siklus 1 menjadi 77.14 %, dan semakin meningkat pada siklus II menjadi 94.29 %.

References

Arikunto, Suharsimi, Prof. Dr, 1989, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Bina Aksara, Jakarta.

Ali, Muhammad, 1989, Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi, Bandung, Angkasa.

Budiono dan Iskandar, 2002, Pengembangan Kurikulum Baru Pendidikan Dasar dan Menengah.

Dahar, RW, (1988), Teori-teori Belajar, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Dirjen Dikti, P2LPTK, Jakarta.

Amin Priyono,Choirul Amin dan Katrin Tri martini, Ilmu Pengetahuan Alam,(2009) Untuk SD/MI Kelas V, Jakarta, Pusat Perbukuan Depdiknas

Slameto, (2003), Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta, Rineka Cipta

Degeng I Nyoman S., 1990, Desain Pembelajaran Teori Terapan, Malang, PPS IKIP Malang.

Dantes, Nyoman, 1996, Orientasi Tentang Profesi Guru dan Pengembangannya, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Singaraja.

Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pusataka.

Djamarah Syaiful Bahri dan Zain Aswan. 2006. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta, PT Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar, 2001, Teknik Pengukuran dan Evaluasi Pendidikan, Bandung Mandar Maju.

Hasibuan, J.J., dan Moedjiono. 1988. Proses pembelajaran. Bandung: CV. Remadja Karya.

Nurtein, 2004, Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Kontruktivis dalam Pengajaran, Surabaya, Universitas Negeri Surabaya.

Published

2020-01-10

How to Cite

Sumarni, I. (2020). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA TENTANG SIFAT-SIFAT CAHAYA DI KELAS V A SEMESTER II BAGI SISWA SD NEGERI BANTARKEMANG 1 TAHUN AJARAN 2017/2018. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v9i1.2764