PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN CD INTERAKTIF PADA SISWA KELOMPOK B TKIT UMMUL QURO BOGOR

Ita Yusnita, Zainal Abidin Arief, Sigit Wibowo

Abstract


: Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan dan motivasi belajar anak setelah diterapkan pembelajaran membaca permulaan dengan media CD Interaktif. Masalah dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: 1. Apakah pembelajaran dengan menggunakan CD Interaktif pada siswa dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak?  2. Apakah pembelajaran dengan menggunakan CD Interaktif dapat meningkatkan motivasi belajar anak?. 3. Bagaimanakah proses peningkatan kemampuan membaca permulaan dan motivasi belajar melalui pembelajaran dengan menggunakan CD interaktif  di kelompok B TKIT Ummul Quro Bogor?

Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Sampel sebanyak 13 siswa pada kelompok B. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan analisis data kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi.

Hasil pengolahan data kemampuan membaca permulaan anak menunjukkan adanya peningkatan rerata kelas dalam kemampuan membaca permulaan,  dari pratindakan rerata 47 % dengan kategori Mulai Berkembang (MB) meningkat menjadi 59% dengan kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) pada siklus 1 kemudian meningkat pada siklus 2 menjadi 84% dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB)  dan pada akhir siklus 3 mengalami peningkatan lagi hingga mencapai rerata 97% dengan kategori Berkembang Sangat Baik ( BSB).

Sedangkan dalam motivasi belajar anak, terlihat adanya peningkatan prosentase rerata motivasi kelas dari pratindakan dengan rerata 44% dengan kategori Cukup naik menjadi 67% dengan kategori Tinggi di siklus 1, kemudian meningkat lagi menjadi 85% dengan kategori Sangat Tinggi di siklus 2 dan meningkat menjadi 95%  dengan kategori Sangat Tinggi di siklus ke 3. Adapun dalam proses pembelajaran membaca permulaan dengan media CD Interaktif mengalami peningkatan kategori Baik dari Siklus 1 sebesar 53% , meningkat menjadi 86% di siklus ke 2 dan 100% di siklus ke 3. Dengan demikian dapat pembelajaran membaca permulaan dengan media CD Interaktif dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan dan motivasi belajar anak kelompok B TKIT Ummul Quro Bogor.

Keywords


kemampuan membaca permulaan; motivasi belajar anak; cd interaktif

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdurrahman, Mulyono. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rieneka Cipta.

Arief, Zainal Abidin (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan: Perspektif Paradigma Baru dalam Pendidikan. Bogor: PT Widia Sakti.

Dimyati dan Mudjiono (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Nofrienti, Leni. (2012). Peningkatan Kemampuan Membaca melalui Metode Fonik di Taman Kanak-kanak Islam Adzkia Bukit Tinggi. Padang: Universitas Negri Padang.

Rahim, Farida. (2006). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sardiman, Arief S. Anung Haryono., dan Rahardjito. (2006). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Susanto, Ahmad. (2001). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: PT Kencana.

Syah, Muhibbin (1999). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Logos Wacana Ilmu.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Membaca. Bandung: PT Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/tek.pend.v9i2.3199

Article Metrics

Abstract view : 199 times
PDF (Indonesian) - 204 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lantai 1 Gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335