UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK DAN BICARA MENGGUNAKAN METODE BERCERITA DI TK ISLAM AL AZHAR 27

Authors

  • Dian Cristiati Perdana Program Studi Magister Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Muktiono Waspodo Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Abdul Madjid Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v9i2.3200

Keywords:

metode bercerita, kemampuan menyimak, kemampuan bicara

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyimak dan kemampuan bicara setelah diterapkannya metode bercerita. Masalah dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : (1). Apakah penerapan metode bercerita  dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa  TK Islam Al Azhar 27 Cibinong? (2) Apakah penerapan metode bercerita  dapat meningkatkan kemampuan bicara siswa  TK Islam Al Azhar 27 Cibinong?

(3). Bagaimanakah proses penerapan metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan menyimak dan bicara kelompok A TK Islam Al Azhar 27 Cibinong ?

Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Sampel sebanyak 24 siswa  pada kelompok A. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan analisis data kuantitatif

Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Hasil pengolahan data kemampuan menyimak anak ditunjukkan dari prosentase tiap-tiap indikator dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) , yakni : (1) menonton film  pada siklus 1 sebesar 46%,siklus 2 sebesar 83%,siklus 3 sebesar 95,8%, (2)  Mendengarkan cerita siklus 1 sebesar 50%, siklus 2 menjadi 79% dan siklus 3 sebesar 87,5%, (3) auditory games siklus 1 sebesar 42%, siklus 2 sebesar 71%,  siklus 3 meningkat menjadi 95,8%.

Peningkatan kemampuan bicara  ditunjukkan dari prosentase tiap-tiap indikator dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) , yakni: (1) menceritakan gambar  siklus 1 sebesar 58%, siklus 2 sebesar 75%, dan siklus 3 sebesar 87,5%, (2) bermain boneka tangan siklus 1 sebesar 67%, siklus 2  menjadi 84% dan siklus 3 sebesar 91,5%, (3) bermain gambar seri  siklus 1 sebesar 67%, siklus 2 sebesar 84%, dan siklus 3 menjadi 91,5%, melampaui indikator keberhasilan yang ditetapkan (80%). Proses penerapan kegiatan dengan menggunakan metode bercerita yang bervariatif dapat meningkatkan antusiasme aktivitas belajar siswa sehingga menunjukkan kenaikan yang sangat baik. Dengan demikian metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan menyimak dan bicara pada siswa kelompok A TK Islam Al Azhar 27 Cibinong Kabupaten Bogor.

References

Abbas, Saleh. Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif Disekolah

Dasar. Jakarta: departemen pendidikan nasional dierktorat jendral

pendidikan tinggi direktorat ketenagaan. 2006.

Arief, Zainal Abidin. Kawasan Penelitian Teknologi Pendidikan. Bogor

: UIKA Press. 2017.

Bachri, Bachtiar S. Pengembangan Kegiatan Bercerita di Taman

Kanak kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat

Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga

Pendidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi. 2005.

Departemen Pendidikan Nasional, Pusat Bahasa. Kamus Bahasa

Indonesia. Jakarta. 2008.

Dhieni, Nurbiana, dkk. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta:

Universitas Terbuka. 2005.

Dhieni, Nurbiana dan Fridani, Lara. Metode Pengembangan Bahasa:

Hakikat Perkembangan Bahasa Anak. Semarang: IKIP Veteran. 2007.

Tarigan, Henry Guntur . Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan

Berbahasa. Bandung: Angkasa. 2008.

Tarigan, Henry Guntur. Pengajaran Semantik. Bandung : Angkasa.1985.

Hurlock,Elizabeth B, Perkembangan Anak – 1 , terjemahan Meitasari

Tjandrasa dan Muslichah Zarkasih, Jakarta: Erlangga,1978.

Hurlock, Elisabeth.B. Perkembangan Anak, Edisi Keenam.Jakarta :

Penerbit Erlangga. 2003.

Modul Diklat Dasar PAUD Melalui Daring, Bandung, 2017

Modul PLPG Rayon 110 Universitas Pendidikan Indonesia. Bahan Ajar

Profesionalisme Guru, PTK dan KTI. Bandung : UPI. 2012.

Moeslichatoen. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta:

PT Rineka Cipta. 2004.

Mustaki, Muh. Nur.Peranan Cerita Dalam Pembentukan

Perkembangan Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Direktorat Jenderal Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan

Perguruan Tinggi. 2005.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomer

Tahun 2014

Minto, Rahayu. Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi.

Jakarta : PT. Grasindo. 2007.

Spooner, Liz &Jacqui, Woodcock. (2010). Teaching Children To Listen A

Practical Approach To Developing Children"Ÿs Listening Skill"Ÿs. New

York: MPG Books Group

Suhartono. Pengembangan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini.

Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal

Perguruan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga

Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi. 2005.

Suhendar, M. E. & Pien . Pengajaran dan Ujian Keterampilan

Membaca dan Keterampilan Menulis. Bandung: CV. Pionir jaya.1992.

Published

2020-07-16

How to Cite

Perdana, D. C., Waspodo, M., & Madjid, A. (2020). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK DAN BICARA MENGGUNAKAN METODE BERCERITA DI TK ISLAM AL AZHAR 27. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(2), 207. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v9i2.3200