MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KINERJA GURU RA SAKINAH KOTA BOGOR MELALUI DIKLAT DASAR PAUD

Authors

  • hilwa arriziq RA Sakinah Kota Bogor
  • Zainal Abidin Arief Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Herawati Herawati Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v9i2.3201

Keywords:

Diklat, Guru PAUD, Penelitian Tindak

Abstract

Diklat Dasar PAUD merupakan salah satu cara strategis dalam upaya meningkatkan profesional dan kinerja guru RA/PAUD dalam upaya memperbaiki dan meningkatkan layanan pendidikan sehingga kualitas pelayanan dan program sekolah dapat berjalan lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mencari alternatif pemecahan masalah sebagai upaya meningkatkan Kompetensi profesional dan kinerja guru RA melalui diklat dasar PAUD.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan (Action Research). Perencanaan penelitian tindakan ini menggunakan 3 siklus dengan perkiraan target diklat yang dapat dicapai. Penelitian ini dilakukan di di RA Sakinah Kota Bogor, yang pembagian waktu pelaksanaan disesuaikan dengan jadwal pembelajaran dan waktu pelaksanaan Diklat Dasar PAUD. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober sampai Desember tahun 2018.

Dari hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan Diklat dasar PAUD telah mampu meningkatkan kompetensi profesional dan kinerja pada 5 orang guru RA Sakinah. Dari 5 guru RA Sakinah tersebut dapat berhasil meningkatkan Kompetensi profesional dan kinerjanya. Kompetensi profesional guru meliputi dimensi kemampuan, penguasaan dan implementasi. Sedangkan kinerja guru meliputi dimensi peningkatan pengetahuan tentang PAUD, keterampilan dan sikap guru. Dengan demikian Diklat dasar PAUD telah memberikan dampak positif terhadap peningkatan kompetensi profesional dan kinerja guru RA Sakinah sehingga guru dapat memberikan layanan pembelajaran yang lebih bermutu.

References

Anita Yus. (2011). Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Arikunto, S. (1996). Dasar- dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta

Asmawati,L. (2014). Perencanaan Pembelajaran PAUD. Bandung: ROSDA

Arief , Z.A. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Graha Widya Sakti. Bogor

Arief Furchan. (2007). Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dharma, A. (1998). Perencanaan Pelatihan. Bandung: Pusdiklat PegawaiDepdikbud

Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah Depdiknas, (2006). Bahan pelatihanTenaga Pendidik PAUD, Jakarta

Depdiknas. (2006). Standar Kompetensi Taman Kanak-Kanak dan Raudhatul Athfal. Jakarta: Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Diah Rina M. (2009). Manajemen Pengembangan Profesionalisme Guru di SMP Muhammadiyah Ngemplak Sleman Yogyakarta. Tesis. UNY.

Dianingsih Indriani. (2011). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Di SDN Se-Kecamatan Piyungan Kabupaten Bantul. Skripsi. UNY.

Djam'an Satori, dkk. (2007). Profesi Keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Dunlap, L.L. (2009). An Introduction to Early Childhood Special Education Birth to Age Five. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Published

2020-07-16

How to Cite

arriziq, hilwa, Arief, Z. A., & Herawati, H. (2020). MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KINERJA GURU RA SAKINAH KOTA BOGOR MELALUI DIKLAT DASAR PAUD. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(2), 226. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v9i2.3201