HUBUNGAN MOTIVASI DAN KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 BOGOR

Rina Herawati, Endin Mujahidin, Anung Al Hamat

Abstract


Penelitian ini merupakan studi korelasi untuk menguji hubungan motivasi dan kreativitas guru dalam mengajar dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri 4 Bogor. Masalah dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: (1) hubungan motivasi guru dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri 4 Bogor, (2) hubungan Kreativitas guru dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri 4 Bogor, (3) Hubungan antara motivasi dan kreativitas guru secara bersama-sama dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri 4 Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan analisis korelasional. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri 4 Bogor, dengan jumlah populasi 59 orang namun sampel yang diambil sebanyak 20 orang semua guru Pendidikan Agama Islam. Teknik analisi data dengan menggunakan teknik kuantitatif dibantu dengan software SPSS versi 17. Uji prasarat analisis dengan uji normalitas menggunakan rumus One-Sample Kolmogorov-smirnov Test, dan uji homogenitas dengan menggunakan rumus One Way ANOVA di software SPSS. Uji hipotesis dengan korelasi parsial dengan menu Correlate-partial. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini yaitu: (1) terdapat hubungan motivasi guru dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri 4 Bogor, (2) adanya hubungan kreativitas guru dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah negeri 4 Bogor, (3) terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara motivasi guru dan kreativitas guru secara bersama-sama dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri 4 Bogor.

Keywords


Motivasi Guru; Kreativitas Guru; Hasil Belajar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Al-Khalili, Amal Abdus Salam. 2006. Pengembangan Kreativitas Anak, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Anoraga, Pandji. 2006. Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.

Arief, Zainal Abidin. 2011. Pendidikan Kewirausahaan Sebagai Pilihan Meraih Sukses: Model Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Pada Konsep Kreativitas dan Inovasi,. Bogor: Widya Sakti.

________. 2016. Teknologi Kinerja Dalam Proses Pembelajaran. Bogor: UIKA Press.

________. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bogor: Graha Widya Sakti.

Asrori, Muhammad Ali dan Muhammad. 2006. Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Bahruddin, Asep Saepul Hamdi dan Ending. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Danim, Sudarwan. 2009. Manajemen dan Kepemimpinan Trasformasional Kepala Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasibuan. 2001. Manajemen SumberDaya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara.

________. 2010. Organisasi & Motivasi. Jakarta: Bumi Aksara. Ihsan,Fuad. Dasar Kependidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Kepmendiknas. 2009. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Sinar Grafika.

Kementerian Agama RI. 2012. Al-Qur'an dan Terjemahnya. Bekasi: Cipta Bagus Segara

Makmun,A.S. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2013. Manajemen Sumber Daya Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2004. Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS & KBK Bandung : Remaja Rosdakarya.

________. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung Remaja Rosdakarya.

________.2013. Menjadi Guru Profesional : Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munandar, Ashar Sunyoto. 2001. Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: UI Press.

Mohamad,Hamzah B.Uno dan Nurdin. 2012. Belajar Dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution, S. 2006. Asas Asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.

Priansa, Donni Juni. 2014. Kinerja dan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta.

Rusman. 2016. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Rusyan, Cece Wijaya dan Tabrani. 2006. Kemampuan Dasar Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Sardiman. 2011. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Samsudin,Sadili. 2006. Manajemen Sumberdaya Manusia, Bandung: PustakaSetia.

Siagian,Sondang. 2004. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

________.2012. Manajemen Sumberdaya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi dengan Metode R & D, Bandung : Alfabeta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suherman, Ondi Saondi dan Aris. 2010. Etika Profesi Keguruan. Bandung: Refika Aditama.

Sutrisno Hadi. 2004. Analisis Regresi. Yogyakarta : Andi Offset. Tata Usaha SIT AI-Madinah, 02 December 2016

Teguh,Ambar. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia: Konsep, Teori, Pengembangan dalam Konteks Organisasi Publik, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Uno, Hamzah B. 2007. Teori Motivasi dan Pengukuranva. Jakarta: Bumi Aksara. Usman, Moh. Uzer. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Usman, Mustafa Edwin Nasution dan Hardius. 2006. Proses Penelitian Kuantitatif, Jakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/tek.pend.v8i2.1507

Article Metrics

Abstract view : 114 times
PDF (Indonesian) - 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lantai 1 Gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335