PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PAI (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM) (Studi Eksperimen Peserta Didik Kelas 5 Di SD Islam Perwanida Nurul Fajar)

Authors

  • Faiza Mustariza
  • Turdja’i .

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v4i1.472

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah terdapat perbedaan hasil belajar PAI antara siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis komputer dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan gaya belajar siswa, (3) apakah terdapat perbedaan antara hasil belajar PAI dengan gaya belajar visual, siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis komputer dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (4) apakah terdapat perbedaan antara hasil belajar PAI dengan gaya belajar auditorial, siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis komputer dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian adalah penelitian true-eksperimen dengan desian faktorial 2x2 menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subjek penelitian menggunakan kelas yang utuh yaitu peserta didik kelas V (lima) Sekolah Dasar Islam Perwanida Nurul Fajar tahun pelajaran 2013/2014. Data yang diperoleh dari subjek penelitian berupa skor nilai hasil pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis komputer dengan penerapannya menggunakan CD belajar interaktif, dan model pembelajaran konvensional yang penerapannya menggunakan metode ceramah, bersamaan dengan gaya belajar siswa (visual-auditorial). Uji hipotesis : (1) dilakukan dengan menggunakan Anava dua jalur untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran berbasis komputer dengan model pembelajaran konvensional, dan untuk mengetahui adanya interaksi diantara dua model tersebut, (2) dilakukan dengan uji tukey untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa dengan gaya belajar visual dan auditorial yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis komputer dan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada perbedaan hasil belajar antara dua model, hal ini terlihat dari rata-rata hasil belajar peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran berbasis komputer sebesar 83,75, sedangkan rata-rata hasil belajar peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran konvensional sebesar 74,81, selisih rata-rata 8,94, dengan signifikansi Fhitung = 53.39 > Ftabel = 4.19 atau Fhitung > Ftabel, ? = 0,05. Dengan demikian, menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran berbasis komputer (CD belajar interaktif) lebih baik dibandingkan hasil belajar peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. (2) ada pengaruh interaksi hasil belajar siswa dengan gaya belajar visual yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis komputer dengan signifikansi sebesar Fh = 286.06 > Ft = 4.19 atau F hitung > F table, ? = 0,05. ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh interaksi yang signifikan antara model pembelajaran berbasis komputer dan model pembelajaran konvensional dengan gaya belajar siswa (visual-auditorial). (3) ada perbedaan hasil belajar siswa dengan gaya belajar visual yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis komputer sebesar 94,38, sedangkan model pembelajaran konvensional sebesar 64,75, dengan selisih rata-rata 29,63, dengan signifikansi Qhitung= 12.28 > Qtabel = 2.95 atau Qhitung > Qtabel, ? = 0,05. Dengan demikian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar PAI antara peserta didik dengan gaya belajar visual, yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis komputer, dengan yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional. (4) ada perbedaan hasil belajar siswa dengan gaya belajar auditorial yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis komputer sebesar 73,13, sedangkan model pembelajaran konvensional sebesar 84,88, dengan selisih rata-rata 3,75, dengan signifikansi Qhitung = 12.28 > Qtabel = 2.95 atau Qhitung < Qtabel, ? = 0,05. Dengan demikian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar PAI antara peserta didik dengan gaya belajar auditorial, yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis komputer, dengan yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional.

Downloads

Published

2015-07-14

How to Cite

Mustariza, F., & ., T. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PAI (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM) (Studi Eksperimen Peserta Didik Kelas 5 Di SD Islam Perwanida Nurul Fajar). Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v4i1.472

Issue

Section

Artikel