HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN INTERPERSONAL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA (SURVEI PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA KOSGORO BOGOR)

Herman Lasrin, Kendra Hartaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) hubungan antara kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar Fisika, 2) hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar Fisika, dan 3) hubungan antara kecerdasan interpersonal dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar Fisika. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari-Maret 2014 dengan metode penelitian yang digunakan adalah survei pada seluruh siswa kelas X SMA Kosgoro Bogor Tahun Pelajaran 2013/2014.. Sampel penelitian berjumlah 74 orang peserta didik yang diambil dengan menggunakan teknik sampel acak proporsional (proportional random sampling). Pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan tes. Sebelum instrumen penelitian digunakan, terlebih dahulu diujicobakan pada satu kelas X yang telah ditetapkan sebagai kelas ujicoba. Kemudian dilakukan uji validitas dan reliabilitas untuk masing-masing instrumen. Uji validitas dan reliabilitas tes hasil belajar menggunakan rumus korelasi Product Moment dan rumus KR-20. Sedangkan untuk instrumen nontes, uji validitas dan reliabilitas menggunakan rumus korelasi Product Moment dan Alpha Cronbach. Pengujian persyaratan analisis untuk uji normalitas menggunakan uji Lilifoers dan untuk uij homogenitas menggunakan uji Bartlett dengan ? = 0.05 dan diperoleh kesimpulan : 1) sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal, 2) sampel berasal dari populasi yang homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan positif antara kecerdasan interpersonal (X1) dengan hasil belajar Fisika (Y) dengan koefisien korelasi ry1 = 0.851 dan persamaan regresi ? = -21.187 + 0.437 X1. (2) Terdapat hubungan positif antara motivasi belajar (X2) dengan hasil belajar (Y) dengan koefisien korelasi sebesar ry2 = 0.786 dan persamaan regresi ? = -19.522 + 0.231 X2. (3) Terdapat hubungan positif antara kecerdasan interpersonal (X1) dan motivasi belajar (X2) dengan hasil belajar Fisika (Y) dengan koefisien korelasi ry12 = 0.871 dengan persamaan regresi ? = -26.53 + 0.167 X1 + 0.192 X2. Hasil ini menunjukkan bahwa hasil belajar Fisika dapat ditingkatkan dengan menumbuhkembangkan kecerdasan interpersonal dan motivasi belajar, baik secara sendiri maupun secara bersama-sama.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32832/tek.pend.v4i1.473

Article Metrics

Abstract view : 532 times
PDF - 619 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lantai 1 Gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335