HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN PARTISIPASI SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA (Survey pada Siswa Kelas VIII di MTs Attaqwa Cicurug Sukabumi)

Authors

  • Ira Puspita
  • Zainal Abidin Arief

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v4i1.474

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang mengikuti strategi pembelajaran berbasis masalah dan strategi pembelajaran ekspositori dalam mata pelajaran Akidah Akhlak. (2) ada tidaknya pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dengan disiplin peserta didik terhadap hasil belajar dalam mata pelajaran Akidah Akhlak. (3) perbedaan hasil belajar peserta didik dengan disiplin tinggi yang mengikuti strategi pembelajaran berbasis masalah dan strategi pembelajaran ekspositori dalam mata pelajaran Akidah Akhlak. (4) perbedaan hasil belajar peserta didik dengan disiplin rendah yang mengikuti strategi pembelajaran berbasis masalah dan strategi pembelajaran ekspositori dalam mata pelajaran Akidah Akhlak.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrument berupa tes iman kepada qada dan qadar serta pergaulan remaja dan terdiri dari 40 soal pilihan ganda dengan option A,B,C dan D; dan angket disiplin belajar yaitu skor total yang diperoleh peserta didik dalam menjawab pernyataan dalam bentuk kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis deskriptif, uji hipotesis, dan uji lanjut (uji Tukey).
Hasil yang diperoleh bahwa: (1) hasil belajar peserta didik yang belajar menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dengan selisih rata-rata 3,45. (2) terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran yang berdasarkan disiplin terhadap hasil belajar dalam mata pelajaran Akidah Akhlak. (3) hasil belajar peserta didik dengan disiplin belajar tinggi yang belajar menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dengan selisih rata-rata 12,44. (4) hasil belajar peserta didik dengan disiplinbelajar rendah yang belajar menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah lebih rendah dibandingkan dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dengan selisih rata-rata 5,55.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa: (1) secara keseluruhan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada strategi pembelajaran ekspositori pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas IX MTs Al Huda. (2) terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dengan disiplin belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas IX MTs Al Huda. (3) hasil belajar Akidah Akhlak pada siswa yang memiliki disiplin belajar tinggi lebih tinggi jika dibelajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah daripada menggunakan strategi pembelajaran ekspositori pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas IX MTs Al Huda. (4) hasil belajar Akidah Akhlak pada siswa yang memiliki disiplin belajar rendah lebih rendah jika dibelajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah daripada menggunakan strategi pembelajaran ekspositori pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas IX MTs Al Huda.

Downloads

Published

2015-07-14

How to Cite

Puspita, I., & Abidin Arief, Z. (2015). HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN PARTISIPASI SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA (Survey pada Siswa Kelas VIII di MTs Attaqwa Cicurug Sukabumi). Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v4i1.474

Issue

Section

Artikel