HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA (SURVEI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK GEO INFORMATIKA)

Mohammad Muhyidin Nurzaelani, Sigit Wibowo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara kecerdasan logis-matematis dengan hasil belajar matematika; (2) hubungan antara komunikasi interpersonal dengan hasil belajar matematika; dan (3) hubungan antara kecerdasan logis-matematis dan komunikasi interpersonal secara bersama-sama dengan hasil belajar matematika. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional. Variabel yang diteliti yaitu: (1) Hasil Belajar Matematika (Y); (2) Kecerdasan Logis-Matematis (X1); dan (3) Komunikasi Interpersonal (X2). Sampel penelitian berjumlah 50 peserta didik yang diambil dengan menggunakan teknik sampel acak proporsional (proportional random sampling). Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan nontes. Sebelum instrumen digunakan dalam penelitian, terlebih dahulu diujicobakan pada satu kelas yang setara di SMK Dewantara yang ditetapkan sebagai kelas ujicoba. Kemudian dilakukan uji validitas dan reliabilitas untuk masing-masing instrumen. Pada instrumen tes, uji validitas menggunakan korelasi Point Biserial dan uji reliabilitas menggunakan Kuder Richardson-20. Sedangkan pada instrumen nontes uji validitas menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif antara kecerdasan logis-matematis (X1) dengan hasil belajar matematika (Y). Nilai koefisien determinasi yang diperoleh adalah 17,9%, yang dapat ditafsirkan bahwa variabel bebas X1 (Kecerdasan Logis-Matematis) memiliki pengaruh kontribusi sebesar 17,9% terhadap variabel Y (Hasil Belajar Matematika) dan 82,1% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel X1; (2) terdapat hubungan positif antara komunikasi interpersonal (X2) dengan hasil belajar matematika (Y). Nilai koefisien determinasi yang diperoleh adalah 60,4% yang dapat ditafsirkan bahwa variabel bebas X2 memiliki pengaruh kontribusi sebesar 60,4% terhadap variabel Y dan 39,6% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel X2; dan (3) terdapat hubungan positif antara kecerdasan logis-matematis (X1) dan Komunikasi Interpersonal (X2) dengan hasil belajar matematika (Y). Koefisien deteminasi antara variabel bebas (X1 dan X2) dengan variabel terikat (Y) didapat sebesar 0,643. Hal ini menunjukkan bahwa 64,3% Hasil Belajar Matematika dapat dipengaruhi secara bersama-sama oleh variabel Kecerdasan Logis-Matematis dan Komunikasi Interpersonal. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, hasil belajar matematika dapat ditingkatkan dengan cara meningkatkan secara bersama-sama kecerdasan logis-matematis dan komunikasi interpersonal peserta didik.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32832/tek.pend.v4i1.475

Article Metrics

Abstract view : 314 times
PDF - 358 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lantai 1 Gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335