Jurnal Teknologi Pendidikan. Program Studi Teknologi Pendidikan. Fakultas Pascasarjana. UIKA. Bogor. 1 HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN PARTISIPASI SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA (Survey pada Siswa Kelas VIII di MTs Attaqwa

Authors

  • Abdul Majid
  • Zainal Abidin Arief

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v4i2.478

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) hubungan antara Motivasi Belajar dengan hasil belajar Matematika, 2) hubungan antara Partisipasi Siswa dengan hasil belajar Matematika , dan 3) hubungan antara Motivasi belajar dan Partisipasi Siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar Matematika .
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari-April 2015 dengan metode penelitian yang digunakan adalah survei pada seluruh siswa kelas VIII MTs. Attaqwa Cicurug Sukabumi Tahun Pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian berjumlah 61 orang peserta didik yang diambil dengan menggunakan teknik sampel acak proporsional (proportional random sampling).
Pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan tes. Sebelum instrumen penelitian digunakan, terlebih dahulu diujicobakan pada satu kelas VIII yang telah ditetapkan sebagai kelas ujicoba. Kemudian dilakukan uji validitas dan reliabilitas untuk masing-masing instrumen. Uji validitas dan reliabilitas tes hasil belajar menggunakan rumus korelasi Product Moment dan rumus KR-20. Sedangkan untuk mengetahui motivasi belajar dan partisipasi siswa peneliti menggunakan instrumen nontes, uji validitas dan reliabilitas menggunakan rumus korelasi Product Moment dan Alpha Cronbach.
Pengujian persyaratan analisis untuk uji normalitas menggunakan uji Lilifoers dan untuk uij homogenitas menggunakan uji Bartlett dengan ? = 0.05 dan diperoleh kesimpulan : 1) sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal, 2) sampel berasal dari populasi yang homogen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan positif antara Motivasi Belajar (X1) dengan hasil belajar Matematika (Y) dengan koefisien korelasi ry1 = 0.664 dan persamaan regresi ? = -6.757 + 0.292 X1. (2) Terdapat hubungan positif antara Partisipasi Siswa (X2) dengan hasil belajar (Y) dengan koefisien korelasi sebesar ry2 = 0.327 dan persamaan regresi ? = 10.375 + 0.189 X2. (3) Terdapat hubungan positif antara Motivasi Belajar (X1) dan Partisipasi Siswa (X2) dengan hasil belajar Matematika (Y) dengan koefisien korelasi ry12 = 0.665 dengan persamaan regresi ? = -5.879 + 0.301 X1 - 0.023 X2.
Hasil ini menunjukkan bahwa hasil belajar Matematika dapat ditingkatkan dengan menumbuhkembangkan Motivasi Belajar dan Partisipasi Siswa, baik secara sendiri maupun secara bersama-sama.

Downloads

Published

2015-07-14

How to Cite

Majid, A., & Abidin Arief, Z. (2015). Jurnal Teknologi Pendidikan. Program Studi Teknologi Pendidikan. Fakultas Pascasarjana. UIKA. Bogor. 1 HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN PARTISIPASI SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA (Survey pada Siswa Kelas VIII di MTs Attaqwa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(2). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v4i2.478

Issue

Section

Artikel