HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN RASA PERCAYA DIRI DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS

Firmansyah ., Mohammad Muhyidin Nurzaelani

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil Belajar Bahasa Inggris peserta didik SMK Putra Pelita. Salah faktor yang diduga berhubungan dengan hasil belajar Bahasa Inggris adalah kecerdasan intrapersonal dan rasa percaya diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan antara kecerdasan intrapersonal dengan hasil belajar Bahasa Inggris; (2) hubungan antara rasa percaya diri dengan hasil belajar Bahasa Inggris; dan (3) hubungan antara kecerdasan intrapersonal dan rasa percaya diri secara bersama-sama dengan hasil belajar Bahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat hubungan positif antara kecerdasan intrapersonal (X1) dengan hasil belajar Bahasa Inggris (Y) yang memiliki persamaan regresi ? = -9,745 + 0,393 X1 dengan koefisien korelasi ry1 0,468. Nilai koefisiensi determinasi yang diperoleh adalah 21,9% yang dapat ditaksirkan bahwa variabel bebas X1 (Kecerdasan Intrapersonal) memiliki pengaruh kontribusi sebesar 21,9% terhadap variabel Y (Hasil Belajar Bahasa Inggris) dan 78,1% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel X1; (2) terdapat hubungan positif antara rasa percaya diri (X2) dengan hasil belajar Bahasa Inggris (Y) yang memiliki persamaan regresi ? = -15,198 + 0,320 X2 dengan koefisiensi korelasi ry2 = 0,556. Nilai koefisien determinasi yang diperoleh 30,9% yang dapat ditafsirkan bahwa variabel bebas X2 memiliki pengaruh kontribusi sebesar 30,9% terhadap variabel Y dan 69,1% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel X2; (3) terdapat hubungan positif antara kecerdasan intrapersonal (X1) dan rasa percaya diri (X2) dengan hasil belajar Bahasa inggris yang memiliki persamaan regresi Y ?=-22,953+0,238X_1+0,251X_2 dengan koefisien korelasi Ry.12 = 0,635. Koefisien determinasi antara variabel bebas (X1 dan X2) dengan variabel terikat (Y) didapat sebesar 0,375. Hal ini menunjukan bahwa 37,5%. Hasil belajar Bahasa Inggris dapat dipengaruhi secara bersama-sama oleh variabel kecerdasan intrapersonal dan rasa percaya diri. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, hasil belajar Bahasa Inggris dapat ditingkatkan dengan cara meningkatkan secara bersama-sama kecerdasan intrapersonal dan rasa percaya diri peserta didik.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32832/tek.pend.v5i2.496

Article Metrics

Abstract view : 558 times
PDF - 343 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lantai 1 Gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335