HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN KOMPETENSI GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH KECAMATAN RANCABUNGUR BOGOR

Authors

  • Irawati .
  • Indupurnahayu .
  • Santi Lisnawati

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v6i1.502

Abstract

Tujuan penelitian menganalisis seberapa besar hubungan motivasi belajar dan kompetensi Guru dengan prestasi belajar belajar Bahasa Arab dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif, dan menggunakan analisis regresi sederhana dengan jumlah sampel 150. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan motivasi belajar dengan prestasi belajar Bahasa Arab siswa, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.523, nilai signifikan sebesar 0.000, dan koefisien determinasi sebesar 27,4% dan sisanya 72,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Terdapat hubungan positif dan signifikan kompetensi guru dengan prestasi belajar Bahasa Arab siswa, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.516, nilai signifikan sebesar 0.000, dan koefisien determinasi sebesar 26,6% dan sisanya 73,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Terdapat hubungan positif dan signifikan motivasi belajar dan kompetensi guru dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab, dengan nilai koefisien korelasi ganda sebesar 0.548 dan koefisien determinasi sebesar 30% dan sisanya 70% dipengaruhi oleh faktor lain, yaitu faktor keluarga dan lingkungan .

Downloads

Published

2017-07-17

How to Cite

., I., ., I., & Lisnawati, S. (2017). HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN KOMPETENSI GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH KECAMATAN RANCABUNGUR BOGOR. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v6i1.502

Issue

Section

Artikel