PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GRAFIS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS (Studi Ekperimen Pada Peserta Didik Kelas X MAN 1 Kota Bogor)

Authors

  • Ruyani .
  • Sigit Wibowo

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v6i2.509

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa kuat pengaruh media pembelajaran Grafis dan media pembelajaran berbasis manusia terhadap hasil belajar siswa di kelas X MAN 1 Kota Bogor. lebih dari pada itu untuk mengetahui seberada kuat pengaruhnya a bila dihubungkan dengan motivasi belajar peserta didik kelas X khususnya dalam belajar Bahasa Inggris.
Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Kota Bogor kelas X dengan cara random untuk menentukan dua kelas sebagai kelas experiment dan dua kelas control. Adapun untuk variabel bebas dari penelitian ini yaitu diambil dari siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran berbasis manusia, dan variabel terikatnya diambil dari siswa yang dibelajar dengan menggunkan hasilbelajar bahasa Inggris
Metode penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode percobaan dengan 2x2 desain faktorial teori diskripsi yang didasarkan pada beberapa variabel; media pembelajaran grafis dan media pembelajaran berbasis manusia sebagai variabel moderator, motivasi belajar sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar bagi peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan media grafis dan media berbasis manusia, 2) Terdapat pengaruh intraksi antara media pembelajaran dan motivasi belajar, 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang memilki motivasi tinggi yang dibelarkan dengan menggunaka media grafis dan media berbasis manusia, 4) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang memiliki motivasi rendah yang dibelajarrkan dengan menggunakan media grafis dan media berbasis manusia.

Downloads

Published

2017-07-17

How to Cite

., R., & Wibowo, S. (2017). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GRAFIS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS (Studi Ekperimen Pada Peserta Didik Kelas X MAN 1 Kota Bogor). Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v6i2.509

Issue

Section

Artikel