HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DAN PENGETAHUAN TENTANG KURIKULUM DIKLAT DENGAN KEMAMPUAN MENGELOLA PEMBELAJARAN

Authors

  • Samaiharuh .

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v6i2.511

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara Motivasi Berprestasi dengan Kemampuan Mengelola Pembelajaran; (2) hubungan antara Pengetahuan tentang Kurikulum Diklat dengan Kemampuan Mengelola Pembelajaran; dan (3) hubungan antara Motivasi Berprestasi dan Pengetahuan tentang Kurikulum Diklat terhadap Kemampuan Mengelola Pembelajaran. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional dengan variabel yang diteliti yaitu: (1) Kemampuan Mengelola Pembelajaran (Y); (2) Motivasi Berprestasi (X1); dan (3) Pengetahuan tentang Kurikulum Diklat (X2). Sampel penelitian berjumlah 39 Widyaiswara. Pengumpulan data menggunakan instrumen nontes. Sebelum instrumen digunakan dalam penelitian, terlebih dahulu diujicobakan pada satu kelas yang setara yang ditetapkan sebagai kelas ujicoba. Kemudian dilakukan uji validitas dan reliabilitas untuk masing-masing instrumen. Uji validitas instrument menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Berdasarkan hasil penelitian, Kemampuan Mengelola Pembelajaran dapat ditingkatkan dengan cara meningkatkan secara bersama-sama Motivasi Berprestasi dan Pengetahuan tentang Kurikulum Diklat.

Downloads

Published

2017-07-17

How to Cite

., S. (2017). HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DAN PENGETAHUAN TENTANG KURIKULUM DIKLAT DENGAN KEMAMPUAN MENGELOLA PEMBELAJARAN. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v6i2.511

Issue

Section

Artikel