PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GOOGLE LENS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i2.5972

Keywords:

Discovery Learning, aktivitas belajar, hasil belajar

Abstract

Proses belajar mengajar di kelas kerap kali menghadapi permasalahan dalam upaya mencapai tujuan yang diharapkan. Salah satu contoh permasalahan yang dihadapi seorang guru adalah kurangnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas 7. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Google lens dalam rangka meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas 7 pada materi klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2021. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam beberapa tahap yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengambilan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan tes dan observasi. Aktivitas belajar siswa berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus satu ke siklus kedua sebesar 11,31%. Hasil belajar siswa dari hasil penelitian juga mengalami kenaikan dari siklus I ke siklus II sebesar 28%. Berdasarkan hasil tersebut, maka penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Google lens dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup.

Author Biography

Shelfy Rahma Andi Sofian, University of Jember

Department of Science Education

References

Alfansyur, Andarusni., Mariyani. 2019. Pemanfaatan Media Berbasis ICT "KAHOOT” dalam Pembelajaran PPKN untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Bhineka Tunggal Ika. 6 (2), 208-216.

Amyani, E. S., Ansori, I., Irawati, S. 2018. Penerapan Model model Discovery Learning untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. 2 (1), 15-20.

Aqib, Z., Chotibuddin, M. 2018. Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sleman: Penerbit DEEPUBLISH.

Ardiawan, I. K. N., 2020. Kupas Tuntas Penelitian Tindakan Kelas (Teori, Praktik, dan publikasinya). Bali: Nilacakra.

Astuti, T. I., Idrus, I., Yennita. 2018. Penerapan model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar pada materi biologi siswa SMP. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. 2 (1), 5-9.

Dehong, R., Kaleka, M. B. U., Rahmawati, A. S., 2020. Analisis Langkah-langkah Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Fisika. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika. 5 (2), 131-139.

Fitrianti. 2016. Sukses Profesi Guru dengan Penelitian Tindakan Kelas. Sleman: Penerbit Deepublish.

Haerullah, A., Hasan, S. 2021. PTK & Inovasi Guru. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Hidayatullah. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Banten: LKP Setia budhi.

Idayani, N. P. 2021. Pembelajaran Kooperatif Model TPS (Think Pair Share) Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research. 5 (3), 416-422.

Maisarah. 2020. PTK dan Manfaatnya Bagi Guru. Bandung: Penerbit Media Sains Indonesia.

Oktaviani, W., Kristin, F., Anugraheni, I. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 SD. JURNAL BASICEDU. 2 (2), 5-10.

Ramdhan, M. 2021. Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara.

Rosdiana. Boeleng, D. T., Susilo. 2017. Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Efektivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 2 (8), 1060-1064.

Pohan, A. E. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Grobogan: CV Sarnu Untung.

Purba., P. B., Juliana, A. T. M., Kuswandi , S., Hulu, I. L., Sitopu, J. W., Pasaribu, A. N., Yuniawati, I., Masrul. 2021. Penelitian Tindakan Kelas. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Putri, I. S., Juliani, R., Lestari, I. N. 2017. Pengaruh model pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa dan Aktivitas Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika. 6 (2), 91-94.

Romlah, S., Nugraha, N., Nurjannah, S., Setiawan, W. 2019. Analisis Motivasi Belajar Siswa SD Al Barokah 448 Bandung dengan Menggunakan Media ICT berbasis for VBA Excel pada Materi Garis Bilangan. Jurnal Cndekia: Jernal Matematika. 3 (1). 220-226.

Sanjaya, Wina. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Penerbit Kencana.

Septiani, A., Kejora, M. T. B. 2021. Tingkat Aktivitas Belajar Siswa pada Pembelajaran Online Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi COVID-19. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan. 3 (5), 2594-2606.

Sumarsono, P., Inganah, S., Iswatiningsih, D., Husamah. 2020. Belajar dan Pembelajaran di Era Milenial. Malang: UMM Press.

Sumianingrum, N. E., Wibawantu, H., Haryono. 2017. Efektivitas Metode Discovery Learning Berbantuan E-Learning di SMA Negeri 1 Jepara. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology. 6 (1), 27-35.

Suprihatin., Isnaeni, W., Christijanti, W. 2014. Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Discovery Learning. Journal of Biology Education. 3 (3), 275-282.

Susanti, Y., Wahjoedi., Utaya, S. 2017. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 2 (5), 661-666.

Tarigan, E. B., Simarmata, E. J., Abi, A. R., Tanjung, D. S. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. 3 (4), 2294 – 2304.

Published

2022-06-29

How to Cite

Sofian, S. R. A., Subchan, W., & Sudarti, S. (2022). PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GOOGLE LENS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 176–189. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i2.5972