Pemikiran Syekh Nawawi Al-Bantani Tentang Pendidikan Islam Dan Relevansinya Dengan Revolusi Industri 4.0

Authors

  • Sedya Santosa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Ghiyats Aiman

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i2.7392

Keywords:

Syekh Nawawi Al-Bantani, Pendidikan Islam, Revolusi Industri 4.0

Abstract

Pendidikan Islam memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan manusia. Majunya manusia juga berdampak pada majunya pendidikan, senada pula dengan konsep pendidikan yang tidak terlepas dari pemahaman mengenai siapa sejatinya manusia tersebut. Syekh Nawawi Al-Bantani merupakan salah satu ulama masyhur dikalangan ulama Indonesia hingga timur tengah. Hal itu dibuktikan dengan karya-karyanya yang tersebar dibelahan dunia. Ide pemikiran Syekh Nawawi Al-bantani dalam pendidikan meliputi dasar pendidikan Islam (ta'lim, ta'dib, dan tarbiyah), sumber pemikiran pendidikan Islam (Al-Qur'an, As-Sunnah, ijtihad, ijma', qiyas, dan pendapat ahli salaf as-shalih) tujuan pendidikan (ubudiyah dan khalifah), metode pengajaran (sesuai dengan tuntutan agama), kurikulum (ketauhidan), pendidik (transfer pengetahuan dan transformasi) dan peserta didik (berkepribadian yang baik). Metode penelitian yang penulis lakukan ialah penelitian kualitatif dengan pendekatan library research (penelitian pustka) yang relevan dengan objek pembahasan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Teknik dokumentasi adalah pengumpulan data dengan cara memilih data yang berkorelasi dengan judul penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ide pemikiran Syekh Nawawi Al-bantani dalam dunia pendidikan memiliki relevansi dengan pendidikan Islam kontemporer yang menghasilkan peserta didik yang kreatif, inovatif dan adaptif

References

Abdurrahman Wahid, L. (2022). Filsafat Eksistensialisme Martin Heidegger dan Pendidikan Perspektif Eksistensialisme. PANDAWA: Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.36088/PANDAWA.V4I1.1403

Adib, M. A. (2022). Syekh Nawawi Al-Bantani: Kajian Pemikiran Pendidikan Islam dan Relevansinya di Abad-21. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(2), 444–466.

Amalia, A. (2021). Sejarah Revolusi Industri dari 1.0 sampai 4.0. JURNAL ILMIAH SUMBER DAYA MANUSIA Tema : SDM Dalam Menghadapi Revolusi Indust Ri Arham Lat If, 1, 2–3. https://bit.ly/3uyZHzZ

Bashori. (2017). Pemikiran Pendidikan Syekh Nawawi Al-Bantani. Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 37–58. http://c/Users/Hewlett_Packard/Downloads/3 Bashori.pdf

Daulay, H. P. (2019). Pendidikan Islam di Indonesia : historis dan eksistensinya (Holiwati (ed.); Cetakan Pe). Kencana.

Dwi Rahmawati, A. (2019). Pendidikan Islam Kreatif Era Industri 4.0 Perspektif Abuddin Nata. Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 1–24. https://doi.org/10.21274/taalum.2019.7.1.1-24

Fateh, M. Al, Prasetya, B., & Muhammad, D. H. (2022). Pendidikan Akhlak Studi Pemikiran Syaikh Muhammad Nawawi Al-Bantani dan Ibnu Miskawaih. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2), 209–218.

Hardiman, F. B. (2015). Seni Memahami Hermeneutik dari Schleiermacher Samapai Derida. PT Kanisius.

Hariadi, M. F. (2019). Pemikiran Pendidikan Islam Syeikh Nawawi Al-Bantani Dan Relevansinya di Revolusi Industri 4.0. El-Hikam: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 12, 218–242. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/elhikam/article/view/3723

Hidayat, A. W. (2019). Pemikiran Syekh Nawawi Al-Bantani dan Relevansinya di Era Modern. JURNAL AQLAM-Journal of Islam and Plurality, 4(2), 196–214. http://journal.iain-manado.ac.id/index.php/AJIP/article/view/1012

Hidayat, A. W., & Fasa, M. I. (2019). Syekh Nawawi Al-Bantani Dan Pemikirannya Dalam Pengembangan Pendidikan Islam. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 17(2), 297–318. https://doi.org/10.18592/khazanah.v17i2.3209

Iwantoro. (2019). Pendidikan Akhlak Dalam Perspektif Syekh Nawawi Al-Bantani Al Jawi. Journal of Islamic Education, 4(2), 153–163. https://www.ejournal.stitmuhbangil.ac.id/index.php/jie/article/view/124

Khaeroni. (2021). Pemikiran Syekh Nawawi Al-Bantani Tentang Pendidikan Dalam Kitab TAfsir Marah Labid. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(3), 232–245. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/geneologi/article/view/4230

Luthfie, M., & Anshory, A. (2020). Kontekstualisasi Pemikiran Syekh Nawawi Al-Bantani Tentang Pendidikan Akhlak Di Madrsah Tsanaawiyah. Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 13(1), 23–41. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elhikmah/article/view/2002

Maftuh, R. (2018). Inklusifitas Pemikiran Syaikh Nawawi al-Bantani: Studi Atas Konsep Ahl Al-Fatrah Dalam Tafsir Marah Labid. MAGHZA: Jurnal Ilmu Al-Qur'an Dan Tafsir, 3(1), 119–133. https://doi.org/10.24090/MAGHZA.V3I1.1960

Maragustam. (2010). Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karakter Menghadapi Arus Global,. Kurnia Salam Semesta.

Mufidah, I., & Hasyim, M. F. (2021). Menelisik Corak Khas Penafsiran Nusantara (Studi Kasus Tafsir Marah Labid Karya Syaikh Nawawi al-Bantani). Nun : Jurnal Studi Alquran Dan Tafsir Di Nusantara, 7(1), 141–162. https://doi.org/10.32495/NUN.V7I1.232

Pransiska, T. (2018). Pendidikan Islam Transformatif Syeikh Nawawi Al-Bantani: Upaya Mewujudkan Generasi Religius-Saintifik. Jurnal Ilmiah Didaktika, 18(2), 172–188. https://doi.org/10.22373/jid.v18i2.3241

Pratama, D. A. N. (2019). TANTANGAN KARAKTER DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN MUSLIM. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 198–226. https://doi.org/10.33650/AL-TANZIM.V3I1.518

Salihin, D. Y. (2018). Ide-ide Pemikiran Pendidikan Syekh Nawawi al-Bantani dan Relevansinya terhadap Pendidikan di Era Modern. AL-IKHTIBAR (Jurnal Ilmu Pendidikan), 5(2), 708–724. https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ikhtibar/article/view/506

Sanusi, A. (2018). The Contributions of Nawawi al-Bantani In the Development of National Law of Indonesia. Al-'Adalah, 15(2), 415–435. https://doi.org/10.24042/adalah.v15i2.3388

Suwarjin. (2017). biografi intelektual syekh nawawi al-bantani. Kebudayaan Dan Sejarah Islam, 2(2), 189–202.

Tebba, S. (2007). Mengenalkan Wajah Islam yang Ramah: Sufi-Sufi Jawa. Pustaka Iravan.

Wayan, S. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan. Nilacakra.

Yenny Puspita, Yessi Fitriani, Sri Astuti, S. N. (2020). Selamat Tinggal Revolusi Industri 4.0, Selamat Datang Revolusi Industri 5.0. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 1, 122–130. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/3794

Published

2022-06-29

How to Cite

Santosa, S., & Aiman, G. (2022). Pemikiran Syekh Nawawi Al-Bantani Tentang Pendidikan Islam Dan Relevansinya Dengan Revolusi Industri 4.0. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 234–245. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i2.7392