Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for YUSTISI?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

JUDUL UKURAN 14, CAMBRIA MATH, TEBAL DAN KAPITAL


Penulis Kesatu, Penulis Kedua, Penulis Ketiga1

1,2,3Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia

1email.koresponden@mail.com

2email.penuliskedua@gmail.com

3email.penulisketiga@gmail.com

 *Email Wajib dicantumkan semua

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw pada Mata Pelajaran PPKn Pokok Bahasan Peran Lembaga Penegak Hukum dalam Menjamin Keadilan dan Kedamaian  terhadap siswa kelas XII IPS SMAN 5 Kota. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualtitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, pada penelitian ini pemilihan sampel dilakukan secara sengaja oleh peneliti yaitu dengan sampel kelas sebanyak 26 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu: tes, observasi dan dokumentasi. Proses penerapan metode pembelajaran sam’iyah wa syafawiyah pada mata pelajaran Bahasa Arab melalui empat tahapan dengan dua siklus. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, pada siklus pertama menghasilkan rata-rata motivasi belajar siswa  43,75%  dan rata-rata motivasi belajar siswa secara klasikal kelas 63,16%. Jadi penerapan metode pembelajaran sam’iyah wa syafawiyah dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab dikatakan efektif dan terdapat perubahan atau peningkatan yang signifikan. metode pembelajaran sam’iyah wa syafawiyah ini bisa menjadi salah satu alternatif metode pembelajaran yang bisa diterapkan dalam proses pembelajaran Bahasa Arab.

Kata kunci: kata kunci 1; kata kunci 2; kata kunci 3.

 

Abstract

Write abstract in good English with only one paragraph. Use Cambria 11 Italic with one spacing between lines, justified, consists of: purpose (contains objectives of the research), method (delivers data collection of the research), results and impact of the research (refers to collected data as an effort to answer research question). The number of words should be between 150-200 words. Keywords consist of a minimum of 3 words and maximum of 5 words.

Keywords: keyword 1; keyword 2; keyword 3.

 

PENDAHULUAN

Isi pendahuluan mengungkapkan (1) latar belakang penelitian, (2) penelitian-penelitian terkait yang pernah ada, (2) perbedaan dari penelitian sebelumnya sehingga memunculkan kebaruan penelitian, (4) tujuan penulisan, harapan yang ingin dicapai dari tulisan, dan manfaat ilmiah dari tulisan. Setiap Paragraf Baru tambahkan 0,75 tab (titik sebelum angka 1 (satu) pada ruler, dan setelah Judul/sub judul tidak ada tab (spasi).

Pendahuluan diawali (secara singkat, misal maksimum 1 paragraf) latar belakang umum kajian; kemudian seharusnya memuat State of The Art (kajian review literatur atau penelitian2 sebelumnya secara singkat, 1-2 paragraf) dengan tujuan untuk menjustifikasi/menguatkan pernyataan novelty atau signifikansi atau kontribusi ilmiah atau orisinalitas dari artikel ini dan usahakan harus ada rujukan ke artikel dari jurnal 10 tahun terakhir yang memperkuat justifikasi orisinalitas atau kontribusi tersebut).

Sebelum menuliskan tujuan kajian, harus ada Gap Analysis atau pernyataan kesenjangan (orisinalitas) atau pernyataan kontribusi kebaruan (novelty statement) secara jelas dan eksplisit, atau beda unik penelitian ini dibanding penelitian-penelitian sebelumnya, juga dari sisi penting tidaknya penelitian tersebut dilakukan; baru kemudian dituliskan tujuan penelitian dalam artikel ini secara lugas dan jelas. BUKAN seperti ini (Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan penelitian ini....).

Tulisan “Pendahuluan” dan subjudul lainnya menggunakan Cambria 12 tebal, huruf small caps dengan spasi atas 18pt dan bawah 0pt. Isi pendahuluan menggunakan Cambria 12 normal, margin kiri dan kanan lurus dengan spasi atas 0pt dan bawah 4pt. Jumlah pendahuluan antara 800-1.000 kata. Tulisan keseluruhan dalam bentuk paragraf tanpa numbering, dan bulleting. Numbering bisa diganti pertama, … kedua, …. atau (1)…, (2)… dalam bentuk paragraf. Ukuran kertas format A4 dengan margin normal (atas, bawah, kiri, kanan 1 inchi atau 2,54 cm).

NB: Tidak ada subjudul "Tinjauan Pustaka", atau "Kajian Literatur", atau lainnya yang bersifat teori dan definisi. Kalimat-kalimat yang terkesan definisi-definisi yang sudah umum tidak perlu dituliskan. Jika memang memerlukan penulisan atau mengaitkan dengan konsep/teori, sebaiknya dituliskan langsung di Pembahasan saja (misal dengan mengutip secara langsung).

 

METODE PENELITIAN

Bagian ini menguraikan metode penelitian secara ringkas. Tuliskan secara lengkap lokasi penelitian, jumlah responden, cara mengolah hasil pengamatan atau wawancara atau kuesioner, cara mengukur tolok ukur kinerja. Metode yang sudah umum tidak perlu dituliskan secara detail, tetapi cukup merujuk ke buku acuan. Prosedur percobaan harus dituliskan dalam bentuk kalimat berita, bukan kalimat perintah. Jumlah isi metode penelitian sekitar 1.000 kata.

Tulisan “Metode Penelitian” menggunakan Cambria 12 tebal, huruf small caps dengan spasi atas 18pt dan bawah 0pt. Isi pendahuluan menggunakan Cambria 12 normal, margin kiri dan kanan lurus dengan spasi atas 0pt dan bawah 4pt.

 

HASIL DAN PEMBAHASAN

Isi hasil dan pembahasan mengungkapkan temuan hasil penelitian berdasarkan data lapangan yang diperoleh dengan angket, survei, dokumen, interview, observasi dan teknik pengumpulan data lainnya. Hasil temuan penelitian dianalisis dengan interpretasi dan sintesis dengan mensitasi teori tertentu. Keseluruhan hasil dan pembahasan berjumlah 3.000-4.000 kata,

Pada Hasil dan Pembahasan setidaknya memuat:

(1)   Hasil (unsur what/how) apakah data yang disajikan telah diolah (bukan data mentah), dituangkan dalam bentuk tabel atau gambar (pilih salah satu), serta diberi keterangan yang mudah dipahami? Tuliskan temuan atau finding-nya , tetapi jangan dibahas pembahasannya di sini;

(2)   Pembahasan (unsur why) pada bagian pembahasan terlihat adanya kaitan antara hasil yang diperoleh dan konsep dasar dan/atau hipotesis? Pembahasan yang dibuat harus ditunjang fakta yang nyata dan jelas; dan

(3)   Pembahasan (unsur what else) apakah ada kesesuaian atau pertentangan dengan hasil penelitian orang lain?

Sitasi dan pengutipan menggunakan APA 6th edition dan menggunakan tools manajemen referensi (Mendeley/Zotero/Endnote). Prinsip dasar untuk referensi dalam teks adalah:

(Nama Belakang Penulis, Tanggal Publikasi)

Contoh: (Rasyid, 2003).

Jika tidak ada tahun dapat diganti dengan tt.

Contoh: (al-Ghazali, tt.)

Sedangkan cara menulis kutipan langsung adalah tanpa tanda kutip dengan contoh sebagai berikut:

 

Daud Rasyid mengungkapkan cara-cara orang Barat dalam mempengaruhi umat Islam dengan kata-kata,

Dalam mempropagandakan ideologi sekulernya, Barat menempuh segala cara dan menerobos segala lapangan. Tak saja pendidikan yang terkesan sekuler, seperti perguruan tinggi umum, paham sekuler juga disusupkan ke perguruan tinggi Islam yang sehari-harinya mengkaji al-Quran, Hadits, Fiqh, Pemikiran dan lain-lain (Rasyid, 2003).

  

Pengutipan ayat al-Quran adalah dengan menyebutkan surat dan ayatnya terlebih dahulu, dilanjutkan kepada penulisan ayat beserta terjemahannya yang ditulis miring tanpa mencantumkan in-note. Contohnya adalah:

 

Syari’ah Islam bersifat universal, berlaku untuk setiap orang, setiap waktu dan setiap tempat. Hal ini sesuai dengan firman Allah Swt. dalam Surat Saba’ ayat 28:

وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا كَافَّةً لِّلنَّاسِ بَشِيرًا وَنَذِيرًا وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ ﴿سبإ: ٢٨﴾

Dan Kami tidak mengutus kamu melainkan kepada umat manusia seluruhnya sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.

 

Pengutipan hadits adalah dengan menyebutkan teks hadis terlebih dahulu, kemudian terjemahannya dan penulisan perawinya.

 

وَرَوَى الشَّيْخَأنِ عَنِ ابْنِ مَسعُوْدٍ قَالَ: سَأَلْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ؛ أَيُّ الأَعْمَالِ أَحَبُّ إِلَى اللهِ تَعَالَى؟ قَالَ: الصَّلاَةُ عَلَى وَقْتِهَأ، قُلْتُ ثُمَّ أَيٌّ؟ قَالَ بِرُّ الْوَالِدَيْنِ، قُلْتُ ثُمَّ أَيٌّ؟ قَالَ الْجِهَادُ فيِ سَبِيْلِ اللهِ.

"Dan meriwayatkan imam Bukhari dan Muslim dari ibn Mas’ud berkata: ”Aku bertanya pada Rasulullah SAW, amal perbuatan apakah yang paling Allah cintai? Beliau menjawab: ”Shalat (yang dilakukan) pada waktunya, kemudian aku bertanya lagi, lalu amal apa lagi? Beliau menjawab: ”Berbuat baik pada kedua orang tua. Kemudian aku bertanya lagi, lalu apa lagi ya Rasul? Beliau menjawab: ”Jihad di jalan Allah." (HR. Bukhari dan Muslim dari ibn Mas’ud).

 

Pada bagian ini boleh ada numbering. Urutan penomoran menggunakan cara berikut ini: I., A., 1., a. Bagian ini bisa dilengkapi dengan gambar atau tabel untuk memberikan penjelasan lebih lanjut. Tulisan hasil dan pembahasan menggunakan Cambria 12 tebal, huruf kapital dengan spasi atas 18pt dan bawah 0pt. Isi Hasil dan pembahasan ditulis menggunakan font Cambria 12 normal, margin lurus dengan spasi atas 0pt dan bawah 4pt.

Gambar yang dimasukkan dalam naskah merupakan bagian penting hasil penelitian. Warna gambar jelas dan ukurannya tepat. Judul gambar diletakkan di bawah gambar dengan huruf Cambria 12 normal, margin tengah, spasi atas dan bawah 6pt. Bila gambar berasal dari sumber lain tuliskan sumbernya di bagian tengah gambar.

 

Contoh gambar:

 

Sumber: Film “Negeri 5 Menara”

Gambar 1. Adegan tentang pola asuh demokratis

 

Tulisan dan nomor tabel diletakkan di bagian atas dengan huruf Cambria 12 normal, rata tengah, spasi atas dan bawah 6pt. Garis tabel cukup garis horizontal di bagian pertama dan akhir tabel, hapus garis vertikal dan garis horizontal di bagian tengah tabel. Isi tabel menggunakan huruf Cambria 10 normal, margin tabel sesuai kebutuhan. Bila tabel berasal dari sumber lain tuliskan sumbernya di bagian tengah tabel.

Contoh penulisan tabel:

Tabel 1. Jadwal Materi Bimbingan

Waktu

Hari

Materi

Pembimbing

30-40 menit

Senin dan Rabu

Bimbingan membaca Iqra

Ibu Lenny

30-40 menit

Selasa dan Kamis

Bimbingan membaca dan menulis Iqra

Ibu Khotimah

Sumber: Hasil wawancara penelitian

 

KESIMPULAN

Kesimpulan hanya cukup menjawab permasalahan atau tujuan penelitian, atau dapat juga menghasilkan sebuah teori/konsep baru berdasarkan fakta/analisis yang ada; Jangan terkesan membahas lagi di bagian Simpulan. Boleh ditambahkan implikasi atau saran (tidak wajib).

Ditulis dengan kalimat berbeda dari bagian hasil dan pembahasan, berisi 400-500 kata, tidak ada subjudul, numbering atau bulleting. Tulisan kesimpulan menggunakan Cambria 12 tebal, huruf kapital dengan spasi atas 18pt dan bawah 0pt. Isi penutup menggunakan Cambria 12 normal, margin lurus dengan spasi atas 0pt dan bawah 4pt.

 

DAFTAR RUJUKAN

Daftar pustaka disusun secara alfabetis berdasarkan nama belakang penulis yang disitasi. Tulisan daftar pustaka huruf Cambria 12 tebal, huruf kapital, spasi atas dan bawah 6pt. Format penulisan daftar pustaka mengikuti APA 6th edition seperti di bawah ini. Penulis disarankan menggunakan reference manager (seperti: Mendeley, Zotero, dll).

Rujukan minimum 50% dari 10 tahun terakhir dan minimum 50 persen dari literatur primer (jurnal ilmiah, prosiding, tesis, disertasi). Jumlah rujukan di daftar pustaka minimal 15 pustaka acuan.

 

Format Penulisan Jurnal

Nama belakang penulis, Inisial nama nama depan (dan tengah). Tahun. Judul Artikel. Nama Jurnal ditulis miring, nomor volume dengan angka Arab, nomor terbit dengan angka Arab

Harun, S. 2007. “Islam, Agama-agama, dan Toleransi.” Jurnal Ilmiah Tajdid, Vol. 2, No. 2

 

Format Penulisan Buku

Nama belakang penulis, Inisial nama depan (dan tengah). Tahun. Judul buku ditulis miring, kota penerbit, nama penerbit.

Hafidhuddin, D. 2000.Tafsir Al Hijri; Kajian Tafsir Al Qur’an Surat An-Nisa. Yayasan Kalimah Thayyibah-Logos. Jakarta

Chirot, D. & Merton, K. 1986, Social Change In The Modern era. Harcourt Brace Jovanovich Publishers, San Diego.

Hafidhuddin, D., et al. 2000. Pemimpin Ideal dalam Islam. Pustaka Zaman, Jakarta

Saefuddin, D. 2003. Pemikiran Modern dan Postmodern Islam, Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta

Philip, HWS. & Simpson, G. (Ed.) 1976. Australia in the World of Education Today and Tomorrow, Austrlia National Commission, Canberra

 

Format Penulisan Sumber di Luar Jurnal dan Buku

Mujahidin, E. 2004, Pengembangan Nilai-nilai Spiritual Berbasis Pesantren Kilat (Studi Pengembangan Model Pembelajaran Pesantren Kilat yang Inovatif dan Efektif untuk Siswa Lanjutan Sekolah Tingkat Atas), Disertasi Doktor pada PPS UPI Bandung: tidak diterbitkan

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1998, Petunjuk Pelaksanaan Beasiswa dan Dana Bantuan Operasional, Depdikbud, Jakarta

Mujahidin, E., 2005. “Perencanaan Program Kerja Lembaga Pendidikan Islam”. Makalah pada seminar Basik Al Huda, Bogor 8 April.

Fahmi, A., 2004. “Media Terus Memicu Faktor Negatif”, Republika, 29 Mei 2004.

Thomson, A. 1998. The Adult and the Curriculum, diakses pada 30 Maret 2000, http://www.uiuc.edu/EPS/PES-Yearbook/1998/thomson,

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.