ANALISA INPUT NOZZLE SILINDER AIR ENGINE MENGGUNAKAN SIMULASI CFD BERDASARKAN VARIASI TEKANAN

Turmudi Turmudi, Sumadi Sumadi, Edi Sutoyo

Abstract


Silinder udara (Air cylinder) adalah salah satu komponen utama pada sistem pneumatik, dimana tenaga udara bertekanan digunakan untuk mengadakan pergerakan linier atau rotasi. Nozzle input merupakan bagian yang terpenting dari air cylinder. Untuk memperoleh nozzle yang optimum maka perlu adanya penelitian. Dalam penelitian ini, air cylinder pada sistem pneumatik menggunakan engine motor 2 tak dari Yamaha Force One. Busi yang semula berfungsi untuk memercikkan bunga api di dalam ruang bakar diganti dengan nozzle. Nozzle yang digunakan adalah berbentuk convergent-divergent nozzle (C-D Nozzel). Nozzle convergent-divergent ini terbuat dari bahan material baja SKD 11/AISI tipe A2 tool steel, dengan panjang nozzle 62 mm yang terdiri dari 3 bagian utama yakni bagian inlet, throatle, dan outlet. Pada bagian inlet dengan panjang 22 mm, bagian throatle dengan panjang 20 mm dan bagian outlet dengan panjang 20 mm serta diameter dari masing-masing bagian tersebut adalah diameter inlet 10 mm, diameter throatle 6 mm dan diameter outlet 12 mm. Hasil perhitungan secara teoritis dan simulasi CFD (Computational Fluid Dynamic) dengan variasi tekanan inlet dan variasi diameter outlet, maka dapat diperoleh hasil bahwa bentuk nozzle convergent-divergent dengan diameter outlet 12 mm merupakan bentuk nozzle paling optimum berdasarkan gaya dorong pada keluaran nozzle.


Full Text:

PDF

References


Kaka, S.?; Muhammad, A. K. (2102). Analisis Desain Pengisian Tangki Udara Bertekanan Dengan Sistem Injeksi Silinder Pneumatik. Teknik Mesin" TEKNOLOGI", 14(1).

Khalid, A?; Raihan, H. (2016). Rancang Bangun Simulasi Sistem Pneumatik Untuk Pemindah Barang. Jurnal INTEKNA, 6(1), 3941.

Riani, N. I., Syamsuri, S., & Pratama, R. R. (2017). Simulasi Numerik Aliran Melewati Nozzle Pada Ejector Converging Diverging Dengan Variasi Diameter Exit Nozzle. R.E.M. (Rekayasa Energi Manufaktur) Jurnal, 2(1), 1924. https://doi.org/10.21070/r.e.m.v2i1.796

Sumadi, S., & Alkindi, H. (2016). Analysis Putaran Spesifik Motor Penggerak Perahu Nelayan Menggunakan Teknologi Pneumatic Berdasarkan Variasi Tekanan. AME (Aplikasi Mekanika Dan Energi): Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 2(2), 4750.

Sumadi, S., & Sutisna, S. P. (2019). Perancangan Sistem Kontrol Mobil Menggunakan Compressed Air Engine Sebagai Penggerak Mula. Almikanika, 1(1), 14.

Tirtoatmodjo, R.?; Willyanto, W. (2014). Peningkatan Performance Motor Bensin 4 Tak 3 Silinder yang Menggunakan Bahan Bakar Gas dengan Penambahan Blower dan Sistem Injeksi. Jurnal Teknik Mesin, 1(1), 17.

Waluyo, R. (2018). Stress analysis pada horizontal wind turbin blade berbahan kayu. AME (Aplikasi Mekanika Dan Energi): Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 4(2), 6575.




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/ame.v5i2.2469

Article Metrics

Abstract view : 191 times
PDF - 169 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Turmudi Turmudi, Sumadi Sumadi, Edi Sutoyo

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved. AME, ISSN: 2460-3988, e-ISSN: 2581-0979

Lihat Statistik AMEView MyStat