ANALISA INPUT NOZZLE SILINDER AIR ENGINE MENGGUNAKAN SIMULASI CFD BERDASARKAN VARIASI TEKANAN

Penulis

  • Turmudi Turmudi Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Sumadi Sumadi Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Edi Sutoyo Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/ame.v5i2.2469

Abstrak

Silinder udara (Air cylinder) adalah salah satu komponen utama pada sistem pneumatik, dimana tenaga udara bertekanan digunakan untuk mengadakan pergerakan linier atau rotasi.  Nozzle input merupakan bagian yang terpenting dari air cylinder. Untuk memperoleh nozzle yang optimum maka perlu adanya penelitian.  Dalam penelitian ini, air cylinder pada sistem pneumatik menggunakan engine motor 2 tak dari “Yamaha Force One”. Busi yang semula berfungsi untuk memercikkan bunga api di dalam ruang bakar diganti dengan nozzleNozzle yang digunakan adalah berbentuk convergent-divergent nozzle (C-D Nozzel).  Nozzle convergent-divergent ini terbuat dari bahan material baja SKD 11/AISI tipe A2 tool steel, dengan panjang nozzle 62 mm yang terdiri dari 3 bagian utama yakni bagian inlet, throatle, dan outlet.  Pada bagian inlet dengan panjang 22 mm, bagian throatle dengan panjang 20 mm dan bagian outlet dengan panjang 20 mm  serta diameter  dari  masing-masing  bagian  tersebut  adalah  diameter inlet 10 mm, diameter throatle 6 mm dan diameter outlet 12 mm. Hasil perhitungan secara teoritis dan simulasi CFD (Computational Fluid Dynamic) dengan variasi tekanan inlet dan variasi diameter outlet, maka dapat diperoleh hasil bahwa bentuk nozzle convergent-divergent dengan  diameter outlet 12  mm  merupakan  bentuk  nozzle  paling  optimum berdasarkan gaya dorong pada keluaran nozzle.

Referensi

Ka’ka, S.?; Muhammad, A. K. (2102). Analisis Desain Pengisian Tangki Udara Bertekanan Dengan Sistem Injeksi Silinder Pneumatik. Teknik Mesin" TEKNOLOGI", 14(1).

Khalid, A?; Raihan, H. (2016). Rancang Bangun Simulasi Sistem Pneumatik Untuk Pemindah Barang. Jurnal INTEKNA, 6(1), 39–41.

Riani, N. I., Syamsuri, S., & Pratama, R. R. (2017). Simulasi Numerik Aliran Melewati Nozzle Pada Ejector Converging – Diverging Dengan Variasi Diameter Exit Nozzle. R.E.M. (Rekayasa Energi Manufaktur) Jurnal, 2(1), 19–24. https://doi.org/10.21070/r.e.m.v2i1.796

Sumadi, S., & Alkindi, H. (2016). Analysis Putaran Spesifik Motor Penggerak Perahu Nelayan Menggunakan Teknologi Pneumatic Berdasarkan Variasi Tekanan. AME (Aplikasi Mekanika Dan Energi): Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 2(2), 47–50.

Sumadi, S., & Sutisna, S. P. (2019). Perancangan Sistem Kontrol Mobil Menggunakan Compressed Air Engine Sebagai Penggerak Mula. Almikanika, 1(1), 1–4.

Tirtoatmodjo, R.?; Willyanto, W. (2014). Peningkatan Performance Motor Bensin 4 Tak 3 Silinder yang Menggunakan Bahan Bakar Gas dengan Penambahan Blower dan Sistem Injeksi. Jurnal Teknik Mesin, 1(1), 1–7.

Waluyo, R. (2018). Stress analysis pada horizontal wind turbin blade berbahan kayu. AME (Aplikasi Mekanika Dan Energi): Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 4(2), 65–75.

Diterbitkan

2019-10-01

Cara Mengutip

Turmudi, T., Sumadi, S., & Sutoyo, E. (2019). ANALISA INPUT NOZZLE SILINDER AIR ENGINE MENGGUNAKAN SIMULASI CFD BERDASARKAN VARIASI TEKANAN. AME (Aplikasi Mekanika Dan Energi): Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 5(2), 81–87. https://doi.org/10.32832/ame.v5i2.2469

Terbitan

Bagian

Articles