KAJIAN LINGKUNGAN PROYEK PEMBANGUNAN PUSAT PERBELANJAAN (STUDI KASUS PEMBANGUNAN SOUTHCITY SQUARE LOT 2 TANGERANG SELATAN)

Authors

  • Fahrul Fahrul
  • Alimuddin Alimuddin

DOI:

https://doi.org/10.32832/komposit.v2i2.1557

Abstract

Pusat perbelanjaan South city square lot 2 sedang dibangun di Kelurahan Pondok Cabe Udik, Kecamatan Pamulang, Tangerang Selatan yang merupakan daerah dengan tingkat kepadatan dan pertumbuhan penduduk serta perekonomian yang tinggi, selain itu wilayah tersebut berdekatan dengan bandara non komersil, kawasan perumahan dan fasilitas umum lainnya yang menjadikan wilayah tersebut sangat strategis untuk dibangun pusat perbelanjaan. Dalam pelaksanaan pembangunan tersebut pasti memiliki berbagai dampak yang ditimbulkan, salah satunya adalah dampak terhadap lingkungan. Selain itu pula pembangunan itu akan berpengaruh pada aspek sosial dan ekonomi masyarakat sekitar. Dampak dalam pembangunan south city square lot 2 inilah yang perlu dikaji secara lengkap. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan hasil analisis dampak pembangunan pusat perbelanjaan south city square lot 2 terhadap lingkungan dan sosial ekonomi masyarakat setempat. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan analisis deskriptif berdasarkan data-data berupa hasil observasi, demografi, wawancara terhadap instansi terkait dan masyarakat sekitar. Adapun hasil penelitian dampak yang timbul pada tahap konstruksi dan operasi adalah penurunan kualitas udara, peningkatan kebisingan, peningkatan timbulan limbah padat, peningkatan limbah cair, penurunan kualitas air permukaan, peningkatan volume lalulintas, kesempatan kerja, perubahan persepsi masyarakat, kecemburuan sosial, peningkatan ekonomi warga sekitar, keamanan dan kenyamanan masyarakat.

References

Alit. T, 2001. Kajian Gejala Perubahan Pemanfaatan Lahan Kawasan LC. Gatot Subroto.Tesis, Program Magister Perencanaan wilayah dan Kota. ITS, Surabaya.

Ervianto. W.I, 2004, Manajemen Proyek Konstruksi edisi revisi, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Farchan. Y, 2010. Analisa Sosial Ekonomi Pembangunan Pusat Perbelanjaan Modern; Studi Kasus Pembangunan Lotte Mall di Kecamatan Pondok Aren, Tangerang. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

Fardani. A, 2012. Dampak Sosial Keberadaan PT Vale Indonesia Tbk terhadap Kehidupan Masyarakat (Studi Kasus Sorowako Kecamatan Nuha Kabupaten Luwu Timur ). Skripsi, Sekolah Sarjana, Universitas Hasanudin Makasar.

Fauzia. R, 2010. Pengaruh Pembangunan Apartemen Solo Paragon Terhadap Kondisi Lingkungan Sekitarnya. Universitas Sebelas Maret, Solo.

Hidayat. S, (2012). Kebijakan Pembangunan Infrastruktur Fisik Belajar dari Analisi Dampak Sosial Ekonomi Pembangunan Jembatan Suramadu. Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur

Muhammad. J, 2015. 11Analisis dampak sosial dan ekonomi dalam pembangunan flyover jombor di kabupaten sleman, Universitas Negri Yogyakarta. Yogyakarta

Sari. E.N, 2007. Dampak Pembangunan Pusat Perbelanjaan Modern Terhadap Penyerapan Pengaruh Tenaga Kerja Di Kota Bogor. Institut Pertanian Bogor. Bogor

Supardi. I, 2003. Lingkungan Hidup dan Kelestariannya. Bandung: PT. Alumni.

Trijanto. 2011. Kewirausahaan Teknik Sipil. UPT Percetakan dan Penerbitan Polinema. Malang

Downloads

Published

2018-08-01

How to Cite

Fahrul, F., & Alimuddin, A. (2018). KAJIAN LINGKUNGAN PROYEK PEMBANGUNAN PUSAT PERBELANJAAN (STUDI KASUS PEMBANGUNAN SOUTHCITY SQUARE LOT 2 TANGERANG SELATAN). Jurnal Komposit, 2(2), 101–106. https://doi.org/10.32832/komposit.v2i2.1557

Issue

Section

Articles