Analisis Model Perilaku Pengemudi Mobil Truk dalam Pemilihan Rute Jalan (Route Choice) (Studi Kasus: Jalan Tol Trans Sumatera)

Authors

  • Alwafi Saputra Universitas Malahayati Bandar Lampung

DOI:

https://doi.org/10.32832/komposit.v5i1.4703

Abstract

Abstrak: Pengemudi mobil truk memilih jalan tol dengan mempertimbangkan faktor-faktor, yaitu faktor jarak dari asal ke gerbang tol, waktu perjalanan, biaya perjalanan, kemacetan, tempat peristirahatan yang tersedia dan variabel yang sangat sensitif ialah variabel kemacetan. Berdasarkan hasil data yang telah diuji dengan SPSS maka didapatkan model persamaan : Ujt = -0,441*(Jarak Gerbang Tol)-2,449*(Waktu Perjalanan)-0,820*( Biaya Perjalanan)-1,975*(Kemacet an)-0,957*(Pemberhentian). Model persamaan analisis biaya & waktu yaitu : Ujt = 0,414-0,28*(Biaya)-0,057*(Waktu).

ABSTRACT

Every Traveler tries to find the best route to minimize travel costs like reducing travel time by considering a few factors. These reasons are the basis for consideration of route selection. That's why necessary to conduct research on Trans Sumatera Toll Roads and Non-Toll Public Roads to determine the factors that influence the decision of truck drivers to determine the most efficient road route in terms of time and from and economic perspective. The data analysis used in this study is Binary Logistic Statistical and analysis method using IBM SPSS Statistics Software. The result of the study show, Truck drivers choose Toll Roads by considering Distance of Toll Gate, Travel Time, Travel Costs, Congestion and Rest areas. The values of these factors: Distance Of toll Gate -0.441, Travel Time -2.449, Travel Costs -0.820, Congestions -1.975, Resting Place -0.957. The most influencing factor is congestion, the model obtained is Ujt = -0.441 * (Toll Gate Distance) - 2.449 * (Travel Time) - 0.820 * (Travel Expenses) - 1.975 * (Congestion) - 0.957 * (Rest areas). The results of sensitivity test between cost and time is, truck drivers more sensitive against the time variable, the model obtained is Ujt = 0,414 – 0,28 * (Cost) – 0,057 * (Time)

Keywords: driver behaviour, travel routes, Toll roads, Non-Toll public roads, route choice, Binary Logistic Method.

References

Armanto, Y.N.. Heriyanto, D., Karami, M. (2018). Pembebanan Jaringan Jalan Dari Pintu Keluar Pelabuhan Bakauheni dengan adanya Jalan Tol Trans Sumatera. Jurnal Rekayasa Sipil dan Desain, Vol 6 (4).

Ekamarta, R. 2018. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Moda Transportasi pada Mahasiswa Universitas Lampung. Skripsi. Bandar Lampung, Fakultas Teknik Universitas Lampung.

Fahriani, E. (2017). Analisis Pengaruh Independensi, Kompetensi, dan Due Proffesional Care Terhadap Kualitas Audit Pada Kantor Akuntan Publik di Bandung. Jurnal Repo IAIN Tulung Agung.

Oktiviani, S. (2017). Analisis Pemilihan Moda Transportasi Antara Angkutan Umum dan Sepeda Motor. Skripsi. Bangka Belitung: Jurnal Fakultas Teknik Universitas Bangka Belitung.

Pratama, A.A. (2016). Valuasi Ekonomi Pariwisata Dengan Metode Biaya Perjalanan (Travel Cost Method) Di Pantai Nglambor Gunung Kidul. Yogyakarta: Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Setiawan, F. (2009). Penentuan Rute Pengiriman Barang Menggunakan Model VRP-Time Windows Dengan Metode Algoritma Tabu Search. Skripsi. Depok, Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

Soeharto, I. (2001). Manajemen Proyek Dari Konseptual Sampai Operasional. Jilid 2 Edisi 2. Jakarta, Erlangga.

Sun, Y., Teledo. T. et al (2013). Route Choice Characteristic s for truckers. Transportation Research Record: Journal of the Transportation Research Board, Vol. 2354 (1). https://doi.org/10.3141/2354-12

Widarjono. A. (2010). Analisis Regresi Multi Variat Terapan. Yogyakarta, UPP STIM YKPN.

Published

2022-03-23

How to Cite

Saputra, A. (2022). Analisis Model Perilaku Pengemudi Mobil Truk dalam Pemilihan Rute Jalan (Route Choice) (Studi Kasus: Jalan Tol Trans Sumatera). Jurnal Komposit, 5(1), 25–30. https://doi.org/10.32832/komposit.v5i1.4703

Issue

Section

Articles