Peranan Internal Auditor Atas Pengendalian Penjualan Kredit Untuk Mengukur Efektifitas Penerimaan Kas (Studi Kasus Pada PT. Zoom Infotek Telesindo)

Authors

  • Azolla Degita Azis
  • Desi Purnamasari

DOI:

https://doi.org/10.32832/neraca.v8i1.862

Abstract

Penjualan merupakan salah satu sektor penting dalam aktivitas perusahaan yang perlu mendapat perhatian. Transaksi penjualan pada perusahaan Zoom Infotek sudah dilaksanakan sesuai dengan sistem dan prosedur, baik itu penjualan tunai maupun penjualan kredit dan pengendalian intern atas transaksi penjualan sudah dilaksanakan dengan memadai seuai dengan SOP yang telah dibuat oleh Perusahaan. Internal auditor berperan dalam memberikan informasi-informasi kepada manajemen tentang penjualan dan pengendalian penjualan, dalam hal ini informasi yang tidak dibuat oleh perusahaan adalah informasi tentang kesalahan penjualan. Secara umum sistem dan prosedur pengendalian intern yang dilaksanakan oleh perusahaan sudah sesuai dengan adanya tiga unsur terpenting pengendalian intern pada perusahaan yaitu lingkungan pengendalian, sistem akuntansi, dan prosedur pengendalian (berdasarkan data yang ada pada perusahaan dan wawancara dengan pihak manajemen dan karyawan perusahaan).

Downloads

Published

2013-03-02

How to Cite

Azis, A. D., & Purnamasari, D. (2013). Peranan Internal Auditor Atas Pengendalian Penjualan Kredit Untuk Mengukur Efektifitas Penerimaan Kas (Studi Kasus Pada PT. Zoom Infotek Telesindo). Neraca Keuangan : Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 8(1). https://doi.org/10.32832/neraca.v8i1.862

Issue

Section

Articles