Pengembangan Teknologi Tepat Guna Dalam Pengelolaan Sampah Plastik

Authors

  • Dr. M. Hariansyah, M.T.
  • Achyar Eldine

DOI:

https://doi.org/10.32832/neraca.v11i2.889

Abstract

Sampah belum tertangani dengan baik. Selama ini sampah tersebut dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA), sehingga sampah akan mencemari tanah, air dan udara, serta lingkungan hidup. Salah satunya adalah sampah an organic seperti plastik kantong kresek, yang dapat terurai hingga 450 tahun. Sehingga perlu upaya untuk mengolah sampah menjadi barang yang berguna, seperti souvenir dan vavin blok.
Tujuan yang diharapkan (a) menghasilkan peralatan teknologi tepat guna untuk mengelola sampah plastik menjadi vavin blok, (b) meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga. Metode yang diterapkan diawali dengan pemilahan sampah, pemanasan plastik, pengepresan secara konvensional dan pengujian laboratorium serta teknik pemasaran.
Hasil yang diperoleh berupa bahan vavin blok berbentuk balok, berukuran (5x10x20)cm, dan berat satu unit vavin blok 0,27 kg, memerlukan kantong kresek sebanyak 0,3 kg. Berdasarkan analisis biaya produksi maka diperkiranan penjualan untuk satu (1) unit seharga Rp 2.000, Hasil uji tekan mencapai 230 kg/cm2, dan diharapkan mampu untuk menggantikan vavin blok yang terbuat dare bahan campuran pasir dan semen.

Downloads

Published

2016-09-03

How to Cite

Hariansyah, M.T., D. M., & Eldine, A. (2016). Pengembangan Teknologi Tepat Guna Dalam Pengelolaan Sampah Plastik. Neraca Keuangan : Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 11(2). https://doi.org/10.32832/neraca.v11i2.889

Issue

Section

Articles