Rancang Bangun Sistem Pengendalian Kemudi Mobil Listrik Otonom

Authors

  • Asep Rizki Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Setya Permana Sutisna Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Edi Sutoyo Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/almikanika.v1i2.4307

Abstract

Mobil listrik otonom merupakan teknologi mobil yang dilengkapi dengan sistem kendali. Sistem kendali adalah seperangkat komponen yang saling berhubungan/ dihubungkan sedemikian sehingga mampu memerintah, mengarahkan, atau mengatur dirinya sendiri atau sistem/proses yang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kecepatan motor transmisi pada mobil listrik otonom, Penelitian ini menggunakan mikrokontroler Arduino Mega 2560 untuk bisa menggerakan motor DC 500 watt. Program di rancang dengan 4 variasi yang berbeda dan di uji pada mobil yang diberi beban dan tanpa di beri beban. Hasil pengujian sistem pengendalian kecepatan transmisi tanpa menggunakan beban dan dengan menggunakan beban penumpang yang dikendalikan secara otomatis ini dengan nilai PWM berbeda yaitu 50, 100, 150, 200 dan jarak yang sama yaitu 20 meter akan menghasilkan waktu kecepatan transmisi yang berbeda. Sistem pengendalian kecepatan motor transmisi tanpa beban menghasilkan kecepatan maksimal yaitu 10 km/jam, sedangkan yang menggunakan beban menghasilkan kecepatan maksimal yaitu 6,6 km/jam. Dapat disimpulkan bahwa kecepatan motor transmisi tanpa beban lebih besar dari pada kecepatan motor transmisi dengan beban.

 

References

Donny Febrianto Kusuma . (2014). Jakarta.

Mariton, I. (2008). Sistem navigasi Helikopter Berdasarkan data posisi secara telemetri. 1.

Mustamin. (2018). Optimasi Perhitungan Jarak antara Kendaraan , 1.

Siegwart, R. (2004). Autonomous Mobile Robots . London.

Wiyono. (2018). SISTEM TRANSMISI OTOMATIS DENGAN METODE CONTINUOUSLY VARIABLE TRANSMISSION PADA MOBIL LISTRIK , 1.

Published

2021-04-30

How to Cite

Rizki, A., Sutisna, S. P., & Sutoyo, E. (2021). Rancang Bangun Sistem Pengendalian Kemudi Mobil Listrik Otonom. ALMIKANIKA, 1(2). https://doi.org/10.32832/almikanika.v1i2.4307

Issue

Section

Articles