ANALISIS KEKUATAN RANGKA MOBIL LISTRIK OTONOM MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT METHOD (FEM)

Penulis

  • Rifqi Fauzan Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Setya Permana Sutisna Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Roy Waluyo Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/almikanika.v1i2.4287

Abstrak

Perkembangan teknologi dibidang transportasi mulai mengalami kemajuan, salah satu bukti kemajuan itu ialah mobil listrik. Mobil listrik adalah mobil yang penggerak utamanya menggunakan motor listrik yang bersumber dari energi listrik yang tersimpan di dalam baterai Mobil yang penggerak utamanya menggunakan motor listrik yang bersumber dari energi listrik yang tersimpan di dalam baterai dan bagian terpenting salah satunya ialah rangka. Penelitian ini bertujuan menghasilkan distribusi tegangan, defleksi dan safety factor menggunakan finite element method. Terdapat 3 variasi beban pengemudi 60 kg, 120 kg  dan 180 kg. Hasil analisis terbesar yang terjadi pada pembebanan pengemudi sebesar 180 kg mendapat tegangan maksimal sebesar 44,390 N/mm2, defleksi maksimal sebesar 0,597 mm dan safety factor sebesar 7. Dari analisis tersebut membuktikan bahwa rangka aman dan masih diatas standar aman untuk spesifikasi profil material hollow AISI 1015.

Kata kunci :  Defleksi, Finite element method, Faktor keamanan, Mobil listrik, Tegangan.

Referensi

Imran, A. I., & Kadir. (2017). Simulasi Tegangan Von Mises Dan Analisa Safety Factor Gantry Crane Kapasitas 3 Ton. 8(2), 1–4. http://ojs.uho.ac.id/index.php/dinamika/article/view/2378

Mustamin, N. F., Indrabayu, I., & Areni, I. S. (2018). Optimasi Perhitungan Jarak antara Kendaraan. Jurnal Penelitian Enjiniring, 22(2), 105–112. https://doi.org/10.25042/jpe.112018.02

Nugraha, G. C. A., Hartono, B., & Yuliaji, D. (2019). Rancang Bangun Rangka Mobil Listrik Ibn Khaldun Sakti (Iksa). AME (Aplikasi Mekanika Dan Energi): Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 5(1), 47. https://doi.org/10.32832/ame.v5i1.2429

Pramono, G. E., Hidayat, A., & Waluyo, R. (2020). Perancangan dan Simulasi Desain Rangka Sepeda Motor Listrik Tipe Trellis Menggunakan Finite Element Analysis. JTERA (Jurnal Teknologi Rekayasa), 5(2), 319. https://doi.org/10.31544/jtera.v5.i2.2020.319-326

Yusuf Pratama Ari Wiyono, Angga Rusdinar, P. D. W. (2018). SISTEM TRANSMISI OTOMATIS DENGAN METODE CONTINUOUSLY VARIABLE TRANSMISSION PADA MOBIL LISTRIK. 5(3), 1.

Diterbitkan

2021-04-30

Cara Mengutip

Fauzan, R., Sutisna, S. P., & Waluyo, R. (2021). ANALISIS KEKUATAN RANGKA MOBIL LISTRIK OTONOM MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT METHOD (FEM). ALMIKANIKA, 1(2). https://doi.org/10.32832/almikanika.v1i2.4287

Terbitan

Bagian

Articles