ANALISA MEKANISME RACK STEER MOBIL LISTIK OTONOM
DOI:
https://doi.org/10.32832/almikanika.v2i3.5484Abstrak
ABSTRAK
Penelitian dilakukan untuk menganalisa system kinematis dan menganalisa gaya-gaya yang terjadi pada mobil listrik, kemudian membandingkan perhitungan sudut roda dengan menggunakan Software Solidwork 2018. Tahap pertama yang dilakukan pada penelitian ini yaitu pengambilan data sudut roda dengan menggerakan kemudi 180Ëš, 360Ëš, 540Ëš, 720Ëš, kemudian tahap berikutnya menentukan letak titik gravitasi pada mobil listrik, menghitung gaya-gaya yang terjadi pada roda dan gaya untuk memutar kemudi. Tujuan dari analisa system kemudi ini adalah menghitung gaya normal pada roda depan untuk menghitung gaya yang dibutuhkan untuk memutar kemudi. Dari hasil Analisa perhitungan gaya normal pada roda depan menghasilkan gaya sebesar 518,1 N dengan gaya gesek maksimum (fmax) sebesar 259,1 N menghasilkan gaya untuk memutar kemudi (Fk) pada kondisi statis dibutuhkan gaya sebesar 103.64 N. Perbandingan sudut roda dapat diambil nilai rata-rata perbandingannya yaitu 0,75Ëš, dan untuk roda bagian kiri mendapatkan nilai rata-rata perbandingannya yaitu 2,45Ëš. Kemudian saat kemudi di putar ke arah kiri pada roda bagian kanan mendapatkan nilai rata-rata perbandingannya yaitu 2,5Ëš, dan untuk roda bagian kiri mendapatkan nilai rata-rata perbandingannya yaitu 1.6Ëš.
Kata kunci : Mobil Listrik, Rack Steer, Roda Gigi, Sudut Roda, Sistem Kemudi
Referensi
Fajar, Daris Ibnu;. (2015). "ANALISA SISTEM KEMUDI MOBIL LISTRIK BRAJAWAHANA ITS TERHADAP KONSDISI ACKERMAN”. Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Sepuluh Novenmber.
Wiyono, Y. P. (2018). "SISTEM TRANSMISI OTOMATIS DENGAN METODE CONTINUOUSLY VARIABLE TRANSMISSION PADA MOBIL LISTRIK” , 1
Hutomo, A, K. 2018. "SISTEM KEMUDI PADA MOBIL GOLF LISTRIK”. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Cahalim. Y. "SISTEM KEMUDI” 16 November 2013. 10 juli 2017. https://tkrwonoasri.blogspot.co.id/2013/12/sistem kemudi manual pada mobil 2.html.
Bumi, B. P. 2015. "ANALISA DINAMIC OF HANDING KENDARAAN REVERSE TRIKE DITINJAU DARI PERGESERAN CENTER OF GRAVITY (CG)”. Skripsi. Jurusan Tekmik Mesin. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Heriana. E, Rusian. W, Ismail. A, "MODIFIKASI KEMUDI MANUAL MENJADI TPE RACK AND PINION PADA ANGKUTAN PEDESAAN”. Jurnal Konversi Energi dan Manufaktur UNJ, Edisi terbit 1, April 2017.
Teknik Mesin1. (2015). "MACAM MACAM RODAGIGI” http://teknikmesin1.blogspot.com/2011/05/macam-macam-roda-gigi.html.
Nasution. A, "RANCANGAN EKSPERIMEN IDENTIFIKASI KARAKTERISTIK PEMBEBANAN PADA SISTEM KEMUDI POWER STEERING KENDARAAN”, Skripsi, Departemen Teknik Mesin. Universitas Sumatera Utara Medan. 2017.
Artika. K. D, Syahyuniar. R, Priono. N, "PERENCANAAN SISTEM KEMUDI MANUAL PADA MOBIL LISTRIK”, Jurnal Elemen Volume 4 Nomor 1, Politeknik Negri Tanah Laut, Juni 2017.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan [TENTUKAN PERIODE WAKTU] setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis menyatakan dan memuji untuk mem-posting karya secara online (contoh: di institusi repositorional atau di situs web) sebelum dan selama proses mereka, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka ).