UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI LESSON STUDY DI SMAN 1 TAMANSARI

Penulis

  • Ai Nurhayati

Abstrak

Perbaikan kualitas pendidikan terus dilakukan oleh pemerintah, namun demikian perbaikan pendidikan yang dilakukan cenderung lebih fokus terhadap perbaikan hasil dari pada perbaikan terhadap proses pembelajaran atau pada perbaikan praktik mengajar guru, Melalui perbaikan proses atau praktek pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini berarti perlu ada peningkatan pada kompetensi guru dalam pembelajaran. Penelitian tindakan sekolah ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Lesson Study di SMAN I Tamansari Kabupaten Bogor. Setelah dilakukan melalui 2 (dua) siklus tindakan hasilnya menunjukkan sebagai berikut: (Pada waktu kegiatan 1) lesson study berlangsung terjadi peningkatan kemampuan peserta dalam menyusun RPP dengan menerapkan model pembelajaran yang relevan dengan kompetensi dasar yang hendak dicapainya dan visi, misi, dan tujuan sekolah, (2) Setelah kegiatan lesson study peserta mampu membimbing guru-guru Bahasa Indonesia sekolah dalam merencanakan dan melaksanakan lesson study, dan melakukan refleksi, (3) Telah terjadi peningkatan kemampuan guru-guru Bahasa Indonesia dalam menyusun RPP dengan menerapkan model pembelajaran yang relevan dengan kompetensi dasar yang hendak dicapainya dan visi, misi, dan tujuan sekolah.Telah terjadi peningkatan kemampuan guru- (4) guru Bahasa Indonesia dalam melaksanakan pembelajaran dengan berpedoman pada RPP yang dibuatnya.

Diterbitkan

2014-09-01

Cara Mengutip

Nurhayati, A. (2014). UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI LESSON STUDY DI SMAN 1 TAMANSARI. ANDRAGOGI, 14(2). Diambil dari https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/ANDRAGOGI/article/view/1066

Terbitan

Bagian

Artikel