KAJIAN TENTANG EFEKTIFITAS MOBIL LISTRIK DALAM MENUNJANG TRANSPORTASI KAMPUS (Studi Kasus: Kampus IPB Dramaga)

Authors

  • Mahdi Mahdi
  • Muhamad Lutfi

DOI:

https://doi.org/10.32832/astonjadro.v7i2.2281

Keywords:

Headway, koridor 1, load factor, mobil listrik.

Abstract

Kampus merupakan  tempat untuk mencari ilmu yang digunakan mahasiswa untuk menempuh jenjang pendidikan yang tinggi. Pendidikan tinggi merupakan jenjang pendidikan ditempuh setelah pendidikan menengah, mencakup program pendidikan Diploma, Sarjana, Magister dan Doktor. Kampus Institut Pertanian Bogor  (IPB) tahun 2020 mencanangkan Green Kampus. Green transportation merupakan Visi awal Perguruan tinggi bertaraf Internasional. Tujuan Penelitian mendapatkan efektifitas penggunaan mobil listrik terhadap pelayanan pemakai moda transportasi moli di lingkungan kampus IPB Dramaga. Mobil listrik adalah kendaraan yang di gerakkan oleh listrik Accu (DC) .yang menggunakan Enegi listrik yang disimpan dalam beterai atau tempat penyimpanan energi. Panjang lintasan untuk koridor 1 sepanjang 1,7924 km. Koridor 2 sepanjang 0,685 km, koridor 4 sepanjang 1,1955 km dan koridor 5 sepanjang 1,5336 km.  Load Factor untuk semua koridor dibawah 70% yaitu paling tinggi 37 % yaitu Koridor 5 Perum Dosen-Gate 2 dan paling rendah 25% Koridor 1 FKH-GWW via Asrama Putri artinya tidak memenuhi. Headway jalur Moli Koridor 1 FKH-GWW via Asrama Putri sebesar 9 menit 32 detik dan yang paling rendah headway 7 menit 32 detik dengan SPM headway 5-10 menit, memenuhi SPM. Waktu Tunggu angkutan Moli paling tinggi waktu menunggu rata-rata Koridor 1 GWW-FKH via Asrama Putri  yaitu 4 menit 46 detik dengan standar pelayanan minimal 5 – 10 menit dan maks 10 – 20 menit lebih kecil dari SPM, artinya semua koridor telah memenuhi standar pelayanan minimal (SPM). Waktu tempuh pelayanan Moli di lingkungan IPB Dramaga Koridor 5 Gate 2-Perum Dosen lebih kecil dari pada standar pelayanan minimal (SPM) sedangkan untuk Koridor 1 GWW-FKH via Asrama Putri sudah memenuhi standar pelayanan minimal (SPM).

References

Hidayat, (1986), Teori Efektifitas Dalam Kinerja Karyawan. Gajah Mada University Press. Yogyakarta https://kendaraan.org diakses hari senin tgl 04/12/2017 pukul 10.10 WIB. https://rizkibeo. wordpress.com/2007/11/26/kinerja-angkutan-umum/ diakses tgl 4 Januari 2018 pukul 12.37 WIB

Nabilah Ulfah Dewi, 2017, Efektifitas Pelayanan Transportasi Publik (Studi Kasus BRT Mamminasata), Departemen Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin Makassar.

Poltak Situmeang, 2008, Analisa Kinerja Pelayanan Angkutan Mobil Penumpang Umum antar Kota (Studi kasus : Angkutan Umum Trayek Medan – Tarurung), Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara Medan.

Rudy Hermawan K, (2001). Sistem Teknologi Transportasi. Penerbit ITB Bandung.

SK Dirjen No.687/AJ.206/DRJD/2002 tentang Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Penumpang Umum di Wilayah Perkotaan Dalam Trayek Tetap dan Teratur.

SK Rektor IPB, (2015), tentang Green Transportation, Nomor 241/IT3/LK/2015 pada tanggal 29 September 2015

www.bolaotomotif.com/20130604/kelebihan-dan-kelemahan-mobil-listrik di pukul 20.25 diakses hari senin tgl 04/12/2017 pukul 10.10 WIB.

Syaiful, Syaiful, 2005, Analisis Kebisingan Arus Lalu Lintas Dan Geometri Jalan Di Kawasan Simpang Lima Kota Semarang. Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro. Diponegoro University, Semarang: INSTITUTIONAL REPOSITORY.

Syaiful (2012), STUDI KASUS TENTANG TINGKAT KEBISINGAN YANG DITIMBULKAN KENDARAAN BERMOTOR DI BOGOR (Kajian di Depan Rumah Sakit Azra Jalan Pajajaran Kota Bogor), ISSN 2302-4240, Vol 1, No 1 (2012). http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/ASTONJADRO/article/view/785

Syaiful (2015). Tingkat Resistensi Polusi Suara di Depan RSIA Sentosa Bogor, Jurnal Astonjadro, ISSN 2302-4240, Vol 4, No 2 (2015). http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/ASTONJADRO/article/view/828

Syaiful, S., & Elvira, Y. (2017). Case Study On Use Area Parking At New Market City Shopping Center Bogor. IJTI (International Journal Of Transportation And Infrastructure), 1(1), 34-40. Retrieved from http://jurnal.narotama.ac.id/index.php/ijti/article/view/330

Syaiful (2017) Engineering model of traffic and transportation safety with pattern of cooperation between sustainable region in Bogor, MATEC Web Conf. 138 07008 DOI: 10.1051/matecconf/201713807008 https://doi.org/10.1051/matecconf/201713807008

Susilowati, dkk, 2011, Kajian Kinera Angkutan Umum dengan Metode Quality Function Development (WFD) pada Kawasan Industri Marmer di Kabupaten Tulungagung, Jurusan Teknik Sipil, FT. Universitas Brawijaya, Malang.

Downloads

Published

2020-01-18

How to Cite

Mahdi, M., & Lutfi, M. (2020). KAJIAN TENTANG EFEKTIFITAS MOBIL LISTRIK DALAM MENUNJANG TRANSPORTASI KAMPUS (Studi Kasus: Kampus IPB Dramaga). ASTONJADRO, 7(2), 70–75. https://doi.org/10.32832/astonjadro.v7i2.2281

Issue

Section

Articles