Analisis Kualitas Pelayanan, Lokasi Dan Promosi Pada Pasar Persaingan Monopolistik (Alfamart Atau Indomaret) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen

Penulis

  • Dina Sakinah UPN Veteran Jakarta
  • Naura Salsabila
  • Siti Khotijah
  • Sri Wulan Dari

DOI:

https://doi.org/10.32832/djip-uika.v4i3.15570

Abstrak

Bisnis ritel terus berkembang dan kini didominasi oleh peritel besar Alfamart dan Indomaret dengan cakupan cabang di seluruh wilayah. Penelitian ini bertujuan mengungkap strategi bisnis Alfamart dan Indomaret dalam pasar persaingan Monopolistik, fokus pada kualitas pelayanan, promosi, lokasi cabang, dan perilaku perusahaan untuk menarik konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data dan menganalisis kualitas pelayanan, promosi, dan lokasi persaingan Monopolistik antara Alfamart dan Indomaret. Hasil analisis menunjukkan persaingan Monopolistik antara Alfamart dan Indomaret, di mana variabel Pelayanan, Promosi, dan Lokasi signifikan memengaruhi keputusan pembelian konsumen di kedua toko.

Diterbitkan

2024-12-05

Cara Mengutip

Dina Sakinah, Salsabila, N., Khotijah, S., & Dari, S. W. (2024). Analisis Kualitas Pelayanan, Lokasi Dan Promosi Pada Pasar Persaingan Monopolistik (Alfamart Atau Indomaret) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Diversity: Jurnal Ilmiah Pascasarjana, 4(3), 233–244. https://doi.org/10.32832/djip-uika.v4i3.15570