Konsumsi dalam Ekonomi Mikro Islam: Konsep, Prinsip, dan Etikanya Perspektif Maqâshid Al-Syarî’ah

Penulis

  • Muhammad Fadilah Alfarisi Islamic University of Madinah
  • Qurroh Ayuniyyah

DOI:

https://doi.org/10.32832/diversityjournal.v5i2.20039

Kata Kunci:

maqâshid al-syarî’ah, ekonomi mikro, konsumsi, microeconomics, consumption

Abstrak

Sebagai makhluk hidup, dalam kehidupannya manusia memiliki kebutuhan terhadap benda yang dapat memberikan kepuasan jasmani dan terhadap jasa yang dapat terpenuhin kebutuhan rohaninya, baik yang konkret maupun abstrak. Hal ini kemudian menimbulkan terjadinya perilaku konsumen, Dimana manusia akhirnya melakukan aktivitas konsumsi. Dalam perspektif ekonomi Islam, terutama sistem ekonomi makronya, proses konsumsi barang dan jasa dari seorang Muslim dibatasi dan diatur oleh syariat Islam. Penelitian dalam artikel ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka secara induktif dan menggunakan pendekatan deskriptif berdasarkan studi dokumen dan analisis kualitatif-interpretatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan perspektif maqâshid al-syarî’ah, konsumsi Muslim harus sesuai dengan konsep, prinsip, dan etika dalam ekonomi Islam seperti yang dielaborasi dalam artikel penelitian ini.

Referensi

Al-Qaradhawi, Y. (2018). Fiqih Maqashid Syariah: Moderasi Islam Antara Aliran Tekstual dan Aliran Liberal. Jakarta Timur: Pustaka Al-Kautsar.

Al-Yaubî, M. S. A. M. (1998). Maqâshid Al-Syarî’ah ‘Al-Islâmiyyah: Wa ‘Alâqatuhâ bi Al-Adillah Al-Syar’iyyah. Riyadh: Dâr Al-Hijrah.

Arifudin, A., et.al. (2024). Penerapan Konsumsi Islami dalam Pandangan Maqashid Syariah. Menawan: Jurnal Riset dan Publikasi Ilmu Ekonomi, 2(3), 227-234. https://doi.org/10.61132/menawan.v2i3.548.

Azhar, H. S. (2010). Maqâshid Al-Syarî’ah ‘inda Al-Imâm Al-Haramain: Wa Âtsâruhâ fî Al-Tasharrufât Al-Mâliyyah. Riyadh: Maktabah Al-Rusyd.

Busyro, B. (2019). Maqâshid Al-Syarî’ah: Pengetahuan Mendasar Memahami Masalah Maslahah. Jakarta Timur: Prenadamedia Group.

Firdaus, M. I., & Sahputra, J. (2022). Prinsip Maqosid Ash-Shariah dalam Konsep Kebutuhan Islam. Tafaqquh: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah dan Ahwal Syahsyiah, 7(1), 65-75. https://doi.org/10.70032/ksdtd048.

Furqani, H. (2017). Consumption and Morality: Principles and Behavioral Framework in Islamic Economics. JKAU: Islamic Economics, 30(Special Issue), 89–102. https://doi.org/10.4197/Islec.30-SI.6.

Garamatan, M. Z. F. R., & Ayuniyyah, Q. (2021). Pentingnya dan Kewajiban Ekonomi Syariah di Indonesia. Diversity: Jurnal Ilmiah Pascasarjana, 1(1), 44-63. https://doi.org/10.32832/djip-uika.v1i1.4359.

Hakim, L. (2012). Prinsip-prinsip Ekonomi Islam. Jakarta: Erlangga.

Hambari, H., & Ayuniyyah, Q. (2022). Pemisahan Maqashid Syariah dari Ilmu Ushul Fiqh dan Pengaruhnya pada Penetapan Hukum Islam Kontemporer. Mizan: Journal of Islamic Law, 6(1), 11-18. https://doi.org/10.32507/mizan.v6i1.1200.

Hamdi, B. (2022). Prinsip dan Etika Konsumsi Islam (Tinjauan Maqashid Syariah). Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam, 23(1), 1-15. https://doi.org/10.30595/islamadina.v23i1.10821.

Masyhadi, A. (2018). Maqashid Syariah Sebagai Paradigma Pembangunan Ekonomi Islam. Al-Musthofa: Journal of Sharia Economics, 1(2), 54-63. https://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/musthofa/article/view/297/240.

Masykuroh, E. (2018). Teori Ekonomi Mikro Islami. Ponorogo: CV Nata Karya.

Maulidyah, S., et.al. (2024). Maqashid Syariah Sebagai Tujuan Ekonomi Islam. Jurnal Kajian Islam dan Sosial Keagamaan, 1(4), 158-161. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jkis/index.

Muazaroh, S., & Subaidi, S. (2019). Kebutuhan Manusia dalam Pemikiran Abraham Maslow (Tinjauan Maqasid Syariah). Al-Mazaahib: Jurnal Perbandingan Hukum, 7(1), 17-33. https://doi.org/10.14421/al-mazaahib.v7i1.1877.

Najâtî, M. U. (2001). Al-Qur’ân wa ‘Ilm Al-Nafs. Kairo: Dâr Al-Syurûq.

Nurbaeti, A. (2022). Konsumsi dalam Perspektif Ekonomi Islam. Azmina: Jurnal Perbankan Syariah, 2(1), 15-27. https://ejournal.stai-almuhajirin.ac.id/index.php/azmina/article/view/21/17.

Pramesti, S.A., & Ihwanudin, N. (2021). Etika Konsumsi dalam Mencapai Falah. Moderation: Journal of Islamic Studies Review, 1(2), 13-28. https://doi.org/10.63195/moderation.v1i2.23.

Syaparuddin, S. (2017). Ilmu Ekonomi Mikro Syariah: Peduli Maslahah Vs Tidak Peduli Maslahah. Yogyakarta: TrustMedia Publishing.

Waluya, A. H., et.al. (2022). Etika Konsumsi dalam Perspektif Maqāṣid Al-Sharī’ah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(03), 2536-2544. http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v8i3.6410.

Yasmin, A. S., et.al. (2024). Etika Konsumsi dalam Perspektif Maqāṣid Al-Sharī’ah. Economic Reviews Journal, 3(1), 94-104. https://doi.org/10.56709/mrj.v3i1.109.

Zaimsyah, A.M., & Herianingrum, S. (2019). Tinjauan Maqashid Syariah Terhadap Konsumsi. ‘Ulûmunâ: Jurnal Studi Keislaman, 5(1), 22-33. https://doi.org/10.36420/ju.v5i1.3638.

Zainuddin, M., & Mahlel, M. (2022). Konsumsi Barang dan Jasa dalam Perspektif Teori Maqashid Al-Syariah. Jurnal Ekonomi Syariah dan Bisnis Islam, 1(1), 45-54. https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jsen/article/view/528.

Zakiah, S. (2022). Teori Konsumsi dalam Perspektif Ekonomi Islam. El-Ecosy: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam, 2(2), 180-194. https://jurnal.unsur.ac.id/elecosy/indeks.

Diterbitkan

2025-08-05

Cara Mengutip

Alfarisi, M. F., & Ayuniyyah, Q. (2025). Konsumsi dalam Ekonomi Mikro Islam: Konsep, Prinsip, dan Etikanya Perspektif Maqâshid Al-Syarî’ah. Diversity: Jurnal Ilmiah Pascasarjana, 5(2), 113–124. https://doi.org/10.32832/diversityjournal.v5i2.20039