Perbandingan Efektivitas Takhrij Digital Dan Takhrij Manual Dalam Pembelajaran Ilmu Hadis Di Perguruan Tinggi Islam

Penulis

  • Dadah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.32832/diversityjournal.v5i3.22188

Kata Kunci:

Kompetensi Hadis, Pendekatan Integratif, Perguruan Tinggi Islam, Takhrij Digital, Takhrij Manual

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas takhrij digital dan takhrij manual dalam pembelajaran ilmu hadis di Perguruan Tinggi Islam, serta menganalisis kontribusi masing-masing metode terhadap kompetensi akademik mahasiswa. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif melalui studi kepustakaan dan analisis komparatif terhadap literatur ulumul hadis, studi teknologi pembelajaran, serta penelitian terdahulu terkait takhrij berbasis digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa takhrij digital memiliki efektivitas tinggi dalam aspek kecepatan, aksesibilitas, dan efisiensi pencarian data hadis, sehingga meningkatkan motivasi dan produktivitas belajar mahasiswa. Sementara itu, takhrij manual lebih efektif dalam membentuk ketelitian metodologis, penguasaan kitab turats, serta kemampuan analisis sanad dan matan yang mendalam. Kesimpulan penelitian menegaskan bahwa kedua metode memiliki keunggulan berbeda dan tidak dapat saling menggantikan sepenuhnya. Oleh karena itu, model pembelajaran yang paling ideal adalah pendekatan integratif yang memanfaatkan kecepatan takhrij digital sekaligus mempertahankan kedalaman analitis metode manual. Penelitian ini merekomendasikan agar perguruan tinggi mengembangkan kurikulum takhrij berbasis blended-method, memberikan pelatihan literasi digital hadis, serta memastikan mahasiswa tetap dilatih membaca dan menelusuri kitab induk hadis secara langsung.

Referensi

Ahmad, J. (2018). “Desain Penelitian Analisis Isi (Content Analysis)”. Research Gate,. 1-20. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.12201.08804

Al-Thahhan, M. (1978) “Ushul al-Takhrij Wa dirasatu al-Asanid.” Maktabah al-Ma’arif.

Arifai, A., & Mahadhir, S., M. (2024). “Prospek Studi Hadits Di Era Digital”. Al Mutawatir: Jurnal Studi Ilmu Hadits 1, no. 1, 55–66. https://publikasi.stairu.ac.id/almutawatir/article/view/8

Ash, A., Mardiyantul, A., Apriani, C., & Mulyani, I. (tt) “Metode Pembelajaran Takhrij al-Hadis di Era Digital.” Cahya Ghani Recovey. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=OPUuEQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA71&dq=info:bXk2w7wQWCIJ:scholar.google.com&ots=XFeqqE74XB&sig=9yFviFB8gBVP5zEisfAyA15o1Ac&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Baharudin, & Surbakti, J., B. (2025). “Pelatihan Metode Takhrij Hadits Berbasis Multimedia Dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasantri Ma’had Aly Syekh Ibrahim Al-Jambi.” Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 2, no. 3: 1377-1387. https://doi.org/10.32672/ampoen.v2i3.3050

Birbik, & Hafil, M. (2020). "Takhrij Hadits (Metode Penelitian Sumber-Sumber Hadits Untuk Meminimalisir Pengutipan Hadits Secara Sepihak)" Ar-Risalah Media Keislaman Pendidikan dan Hukum Islam, Vol. 18 No. 1, 174-192. https://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/arrisalah/article/view/984

Hamid, A. (2024). “Peran Website Dalam Penyebaran Hadis Di Era Digital”. El Nubuwwah Jurnal Studi Hadis 2, no. 2: 155-184. https://doi.org/10.19105/elnubuwwah.v2i2.15407

Hasibuan, Firdaus, Y., & Rahmat. “Dinamika Studi Kritik Sanad Hadis Melalui Software Hadis Lidwa Pusaka”. Journal of Hadith Studies, Vol. 7, no. 2: 159–177. https://doi.org/10.32506/johs.v7i2-04

Hidayah, Ilhamiyatul, & Musaddad, E. (2025) “Digitalisasi Hadits: Perkembangan Dan Tantangan Di Era Modern”. Amsal Al-Qur’an: Jurnal Al-Qur’an dan Hadis 2, no. 2 184–204. https://doi.org/10.63424/amsal.v2i2.361

Husein, Althaf, M., & Mundzir, M. (2022). “Ragam Metode Takhrij Hadis: Dari Era Tradisional Hingga Digital.” Jurnal Studi Hadis Nusantara 4, no. 1: 74. https://doi.org/10.24235/jshn.v4i1.11146

Iman, F. (1995). “Ilmu Takhrij Hadis: Sejarah dan Urgensi”. Al-Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 10(52), 31–35. https://doi.org/10.32678/alqalam.v10i52.1517

Marbun, & Kholidah, S. Takhrij Hadis Berbasis Digital (Hadissoft)(Medan: STAIN Mandailing Natal), https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/491/1/3_E-Modul%20Takhrij%20Hadis%20Berbasis%20Digital%20-%20Copy.pdf.

Marisa, & Nurkhafifah, S. (2024). “Urgensi Penguasaan Ilmu Takhrij Hadis Untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Pembelajaran Hadis di STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh”, Alacrity: Journal of Education, Vol. 4 No. 2. https://doi.org/10.52121/alacrity.v4i2.314

Mawaddah, A., Sardianto, & Rahman. (2025). “Research Methodology of Takhrij Hadith”. Taqriri: Journal of Al-Hadith Science Studies 1, no. 2: 85–103. https://taqriri.hellowpustaka.id/index.php/i/article/view/10

Muhammad, Hamid, M. A., Afkarina, M. I., Shalsabila, S., & Fikri, S. (2024) “Hadist Ditinjau Dari Kualitas Sanad Dan Matan (Hadist Shohih, Hasan, Dhoif)”. Jurnal Kajian Islam dan Sosial Keagamaan, Vol. 1, no. 4: 396-401. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jkis/article/view/1103

Nadlir, Nurkhasanah, M., & Rochmahtika, A. S. (2024). “Peran Media Audio Visual pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 116–124. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.5947

Nur, M. A., Husaein, M., Masrur, A., & Najib, M. (2025). Implikasi Pemikiran Ignaz Goldziher Terhadap Otentisitas Hadis dalam Studi Islam. Diversity: Jurnal Ilmiah Pascasarjana, 5(2), 154–163. https://doi.org/10.32832/diversityjournal.v5i2.20720

Pratama, F., Razi, F., Fausi, E., Akbar, M. R, Afifah, A., Diansyah, E. A., & Abrori, S. A. (2024). “Peningkatan Kompetensi Takhrij Hadis Mahasiswa Ilmu Hadis Uinsa Surabaya Melalui Pelatihan Optimalisasi Maktabah Syamilah”. Jurnal Abdimas Bina Bangsa 5, no. 1: 106-112. https://doi.org/10.46306/jabb.v5i1.819

Saádi, A. (2025). “Pengumpulan Data Yang Efisien Pada Penelitian Tindakan Kelas: Teknik, Alat, Dan Tantangan”. Al-Amin: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial Humaniora 2, no. 2: 90-108. https://doi.org/10.53398/alamin.v2i2.377

Shafrianto, A. (2025). “Ilmu Hadis Dalam Perspektif Akademik: Tantangan Dan Peluang”. Al Mutawatir: Jurnal Studi Ilmu Hadits 1, no. 2: 79–94. https://publikasi.stairu.ac.id/almutawatir/article/view/25.

Sugitanata, A., & Marhumah. (2023). “Metode Takhrij Hadis Pada Ilmu Hadis: Melacak Kualitas Hadis Keutamaan Menikah ”. Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam 17, no. 1: 1-22. https://doi.org/10.51675/jt.v17i1.482

Wadjedy, Farid, M., & Ali, M. (2025). “Takhrij Al-Hadis. Ma’had Aly: Journal of Islamic Studies, 4(1), 149–170. https://doi.org/10.63398/4x7kyv50

Diterbitkan

2025-12-05

Cara Mengutip

Dadah. (2025). Perbandingan Efektivitas Takhrij Digital Dan Takhrij Manual Dalam Pembelajaran Ilmu Hadis Di Perguruan Tinggi Islam. Diversity: Jurnal Ilmiah Pascasarjana, 5(3). https://doi.org/10.32832/diversityjournal.v5i3.22188