PENDIDIKAN ENTERPRENEURSHIP PADA ABAD 21 (MILLENIAL) DI PONDOK PESANTREN

Penulis

  • Ade Hasim Magister Pendidikan Islam UIKA
  • Amir Tengku Ramly Universitas Ibn Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/djip-uika.v1i1.4323

Abstrak

This study aimed at investigating entrepreneurship education concept; the conduct of entrepeneurship education in 21st Century; and the effect of enterprneurship education in pesantren; and investigating the problems experienced and their solutions in 21st century. This was a case-study qualitative research. The collected data was analized qualitatively by using Miles and Huberman's interactive model. The findings of the study showed that: entrepreneurship education in pesantren aimed at preparing students (santri) to encounter real life after their graduation. Job affairs have actually been managed by Allah The Al-Mighty, yet humans should prepared themselves by sufficient skills, entrepreneurship activities in pesantren was conducted through the advanced-special program, curriculair, extra-curriculair, and non-curriculair programs, entrepeneurship activities in pesantren contributed a lot to the economic effects and the students' life skill, the coming problems in entrepeneurship activities of pesantren were caused by human resources, technology and management. To solve such problems, pesantren effortlessly tried to consolidate to the relating partners and improved their entrepeneurship management.

Referensi

Dimyati dan Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta

Eka Febri Anita. 2012. Aplikasi Pendidikan Kewirausahaan Dalam Dunia Pendidikan, diakses dari http://assetanita.blogspot.com/ pada tanggal 29 November 2017 pukul 21.15 WIB

Fadhil Rahman. 2013. Profil PPM Bina Insani, diakses dari http://fadhilelfast-stylized.blogspot.co.id/2012/03/profil-ppm-bina-insanisusukan.html pada tanggal 1 Desember 2017 pukul 09.20 WIB

Fasli Jalal & Dedi Supriyadi (Ed). (2001). Reformasi Pendidikan Dalam Konteks Otonomi Daerah. Adicita:Yogyakarta

Ferawati. 2016. Entrepreneurship santri di Pondok Pesantren entrepreneur al-Mawaddah Honggosoco Jekulo Kudus (Studi living Qur'an), diakses dari http://eprints.stainkudus. ac.id/468/ pada tanggal 1 Desember 2017 pukul 23.15 WIB

Galba, Sindu. 2004. Pesantren Sebagai Wadah Komunikasi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hasbullah. 1999. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia:Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Handayani, Ririn. 2013. Kewirausahaan berbasis pesantren, diakses dari http://www.ririnhandayani.com/2013/01/menggagaspesantren-sebagai. html), pada tanggal 12 April 2017 pukul 19.14

Inayatul Khusnah. 2011. Pesantren dan entrepreneurship : Upaya Pesantren Riyadhul Jannah Pacet Mojokerto dalam pembentukan jiwa entrepreneurship santrinya, diakses dari http://digilib.uinsby.ac.id/9044/, pada tanggal 1 Desember 2017 pukul 19.30 WIB

Ki Bagus Kusuma. 2015. Mengenal Profil seputar Pondok Pesantren Bina Insani Salatiga, dikutip dari http://artofmanlines. blogspot.co.id /2015/11 / mengenal- profil-seputar-pondok. html pada tanggal 1 Desember 2017 pukul 11.00 WIB

Madjid, Nurcholis. 1997. Bilik-Bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Paramadina.

Malik M.,dkk. 2007. Modernisasi pesantren. Jakarta:Balai penelitian dan pengembangan agama

Manfred Ziemek. 1989. Pesantren dalam perubahan sosial. Jakarta:P3M

Merriam, Sharan B. &Tisdell, Elisabeth J. 2016. Qualitative research: A guide to design and implementation. San Francisco: Jossey-Bass.

Miles, Matthew B. & Huberman, A. Michael. 1994 . Qualitative data analysis. London: Sage Publications. Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT. RemajaRosdakarya.

Mochtar Buchori. 2001. Pendidikan Antisipatoris. Yogyakarta:Kanisius Munif Chatib. 2009. Sekolahnya Manusia. Bandung:Kaifa

Nata, Abuddin. 2001. Perspektif Islam tentang Hubungan Guru Murid. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Novan Ardy Wiyani. 2012. Teacherpreneurship. Yogyakarta: Ar Ruzz Media

Ponpes Ciampea. 2015. Sejarah Pondok Pesantren Darul Falah Bogor, diakses dari http://pondokdarulfalah.blogspot.co.id/2015/02/sejarahpondok pesantren 22. html pada tanggal 1 Desember 2017 pukul 08.30 WIB

Rusli, M. 2010. Sejarah, metodologi, sistem, tujuan pesantren, diakses dari http:// ruslyboyan.blogspot.co.id/2010/08/sejarahmetodologi-sistem-tujuan.html pada tanggal 1 Desember 2017 pukul 11.15 WIB

Sigit Wahyono. 2010. Inovasi Hidden Curriculum Pada Pesantren Berbasis Entrepreneurship (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Isti'anah Plangitan Pati), diakses dari http://eprints. walisongo.ac.id/3263/1/ 3105129_Coverdll.pdf pada tanggal 2 Desember 2017 pukul 23.22 WIB

Syaiful Bahri Djamarah. 1994. Hasil Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta

Thomas W.Zimmerer & Norman M.Scorborough, 2009, Essential of Entrepreneurship and Small Bussines Management (terj.Deny Arnos Kwary). Jakarta: Salemba Empat

Tilaar, HAR. (2004). Paradigma baru pendidikan nasional. Jakarta: Rineka Cipta

Wianardi.2004. Entrepreneur dan entrepreneurship. Jakarta:Pranata Media

Yin, Robert K. 2010. Qualitative research: From start to finish. New York: The Guilford Press. Yin, Robert K. 2008. Case study research: Design and methods. London: Sage Publications.

Zamakhsyari Dhofier.1983. Tradisi Pesantren Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta:LP3S

Diterbitkan

2021-04-01

Cara Mengutip

Hasim, A., & Ramly, A. T. (2021). PENDIDIKAN ENTERPRENEURSHIP PADA ABAD 21 (MILLENIAL) DI PONDOK PESANTREN. Diversity: Jurnal Ilmiah Pascasarjana, 1(1). https://doi.org/10.32832/djip-uika.v1i1.4323