Analisis Kebutuhan Website Sebagai Media Pembelajaran Membaca Dan Menulis Pada Fase A Di SDN Laladon 02 Bogor
DOI:
https://doi.org/10.32832/edukha.v5i1.17089Abstract
Bahasa membuat ilmu pengetahuan dan sains menjadi berkembang sampai sekarang. Hal tersebut menjadi penting bagi seorang pendidik yang bertugas mengajarkan mata pelajaran bahasa pada siswa. Maka dari itu, lembaga pendidikan dan seorang pendidik memiliki kewajiban untuk meningkatkan atau mengupayakan keterampilan bahasa pada siswanya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kebutuhan website sebagai media pembelajaran membaca dan menulis di SDN Laladon 02 Bogor, dan di akhir tahap penelitian akan dirancang dan dikembangkan media pembelajaran tersebut berdasarkan informasi-informasi yang sudah dikumpulkan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi dengan pendekatan deskriptif kualitatif pada guru kelas 1, Ibu Siti Maria, S.Pd, dan guru kelas 2, Ibu Ernawati S.Pd. Hasil wawancara menunjukkan bahwa dari 43 siswa, masih ada 15 siswa yang belum bisa membaca dan menulis, 12 siswa belum bisa membaca dan 8 siswa sudah bisa membaca dan menulis dengan pendampingan khusus karena belum lancar dalam membaca. Hasil observasi ditemukan guru dalam mengajar masih menggunakan metode ceramah, jarang menggunakan media dan dalam mengajar hanya menggunakan buku paket dan LKS sebagai bahan ajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nabila Silfani, Widyasari, Maimunah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |