PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN RASA PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK DALAM BERBICARA BAHASA INGGRIS
DOI:
https://doi.org/10.32832/edukha.v5i2.20704Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif Model Pembelajaran CIRC dengan media powerpoint dengan media powerpoint terhadap peningkatan Keaktifan dan rasa percaya diri peserta didik dalam berbicara Bahasa Inggris. Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Pelajaran Bahasa Inggris setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif learning Model Pembelajaran CIRC dengan media powerpoint pada peserta didik Kelas VII Pelajaran Bahasa Inggris Materi Membaca teks lisan dan esei berbentuk descriptive. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik Kelas VII dengan jumlah keseluruhan 8 orang, dibagi menjadi 4 kelompok. Pada kelas yang dijadikan sampel penelitian yaitu Kelas VII dengan jumlah peserta didik 8 orang terdiri dari 4 orang lakilaki dan 4 orang perempuan pada SMP Negeri 5 Cibitung Satu Atap Kabupaten Sukabumi.Penelitian dilakukan dalam satu siklus berlangsung dengan satu kali tatap muka, berlangsung selama 80 menit. Data diperoleh dengan hasil tes pada LKPD, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (61,53%), siklus II (88,46%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif Model Pembelajaran CIRC dengan media powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik VII SMP Negeri 5 Cibitung Satu Atap Kabupaten Sukabumi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Asep Hadian, Movi Rahmawanti, Nuraeni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
| Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |



