PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN RASA PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK DALAM BERBICARA BAHASA INGGRIS

Authors

  • Asep Hadian Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Movi Rahmawanti Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Nuraeni Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/edukha.v5i2.20704

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif Model Pembelajaran CIRC dengan media powerpoint dengan media powerpoint terhadap peningkatan Keaktifan dan rasa percaya diri peserta didik dalam berbicara Bahasa Inggris. Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Pelajaran Bahasa Inggris setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif learning Model Pembelajaran CIRC dengan media powerpoint pada peserta didik Kelas VII Pelajaran Bahasa Inggris Materi Membaca teks lisan dan esei berbentuk descriptive. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik Kelas VII dengan jumlah keseluruhan 8 orang, dibagi menjadi 4 kelompok. Pada kelas yang dijadikan sampel penelitian yaitu Kelas VII dengan jumlah peserta didik 8 orang terdiri dari 4 orang lakilaki dan 4 orang perempuan pada SMP Negeri 5 Cibitung Satu Atap Kabupaten Sukabumi.Penelitian dilakukan dalam satu siklus berlangsung dengan satu kali tatap muka, berlangsung selama 80 menit. Data diperoleh dengan hasil tes pada LKPD, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (61,53%), siklus II (88,46%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif Model Pembelajaran CIRC dengan media powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik VII SMP Negeri 5 Cibitung Satu Atap Kabupaten Sukabumi.

Downloads

Published

2024-11-10

How to Cite

Hadian, A., Rahmawanti, M., & Nuraeni. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN RASA PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK DALAM BERBICARA BAHASA INGGRIS. EDUKHA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 59–63. https://doi.org/10.32832/edukha.v5i2.20704

Issue

Section

Articles