PENGGUNAAN METODE COMMUNICATIVE LANGUAGE TEACHING (CLT) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS
DOI:
https://doi.org/10.32832/edukha.v5i2.20686Abstrak
Sebagaimana diketahui bahwa sampai saat ini pemerintah Indonesia terus menggencarkan literasi pada jenjang sekolah, terutama sekolah dasar dan sekolah menengah. Berbagai program literasi dibuat agar literasi peserta didik meningkat. Kegiatan penguatan literasi peserta didik juga dilakukan dalam kegiatan pembelajaran langsung. Salah satunya dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Agar kemampuan literasi peserta didik dalam Bahasa Inggris meningkat, diperlukan pendekatan atau metode yang sesuai. Oleh karena itu, guru perlu kreatif dan inovatif agar pembelajaran berlangsung efektif dengan menggunakan metode dan pendekatan pengajaran baru yang berkaitan dengan metode komunikatif, sehingga mendorong motivasi peserta didik untuk belajar. Salah satu metode atau pendekatan yang dianggap mampu meningkatkan kemampuan literasi Bahasa Inggris peserta didik yaitu Communicative Language Teaching (CLT). Inovasi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan lumerasi peserta didik pada pelajaran Bahasa Inggris dengan pendekatan/metode Communicative Language Teaching (CLT) terbukti dapat membantu meningkatkan kemampuan literasi peserta didik dalam materi daily activity dan membiasakan peserta didik untuk berpikir kritis dan berlatih. Melalui inovasi strategi pemberian umpan balik lisan pada proses belajar yang diberikan secara berkala ini, peserta didik telah terbiasa terampil memprediksi, membedakan dan membandingkan, serta menilai makna yang secara implisit disampaikan oleh teks.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Leli Solihin, Amalul Umam, Movi Rahmawanti

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
| Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |



