Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw

Penulis

  • Abd. Rahman SMP Negeri 6 Kota Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/edukha.v4i2.15527

Abstrak

Penelitian ini beranjak dari fenomena yang terjadi di kelas bahwa rendahnya pemahaman dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PPKn tentang Mensintesiskan Isi Alinea dan Pokok Pikiran yang Terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.  Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang mensintesiskan isi alinea dan pokok pikiran yang terkandung dalam pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 di kelas IX C SMP Negeri 6 Kota Bogor semester 1 tahun pelajaran 2022/2023; (2) menggambarkan proses peningkatan hasil belajar peserta didik  tentang mensintesiskan isi alinea dan pokok pikiran yang terkandung dalam pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran jigsaw di kelas IX C SMP Negeri 6 Kota Bogor semester 1 tahun pelajaran 2022/2023; dan (3) mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik  tentang mensintesiskan isi alinea dan pokok pikiran yang terkandung dalam pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 sesudah menggunakan model pembelajaran jigsaw di kelas IX C SMP Negeri 6 Kota Bogor semester 1 tahun pelajaran 2022/2023. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas IX C semester I SMP Negeri 6 Kota Bogor. Sebelum menggunakan model pembelajaran jigsaw hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 64,17 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran jigsaw menjadi 72,08 pada siklus 1 dan 79,31 pada siklus 2. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran jigsaw yang disesuaikan dengan  materi pembelajaran dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik.

Diterbitkan

2023-12-04

Cara Mengutip

Rahman, A. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw. EDUKHA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 132–144. https://doi.org/10.32832/edukha.v4i2.15527