Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Type Student Team Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Tentang Prohibition Di SMP Negeri 6 Kota Bogor

Penulis

  • Eman Suherman SMP Negeri 6 Kota Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/edukha.v4i2.15529

Abstrak

Penelitian ini beranjak dari fenomena yang terjadi di kelas bahwa rendahnya pemahaman dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Bahasa Inggris tentang Prohibition. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif type STAD dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang prohibitions di kelas VIII A SMP Negeri 6 Kota Bogor Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023; (2) mengambarkan proses peningkatan hasil belajar peserta didik tentang prohibitions sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif type STAD di kelas VIII A SMP Negeri 6 Kota Bogor Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023; dan (3) mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik tentang prohibitions sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif type STAD di kelas VIII A SMP Negeri 6 Kota Bogor Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif type STAD dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas VIII A SMP Negeri 6 Kota Bogor. Sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 64,05 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menjadi 73,51 pada siklus 1 dan 79,46 pada siklus 2. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang disesuaikan dengan materi pembelajaran dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik.

Diterbitkan

2023-12-04

Cara Mengutip

Suherman, E. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Type Student Team Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Tentang Prohibition Di SMP Negeri 6 Kota Bogor. EDUKHA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 145–157. https://doi.org/10.32832/edukha.v4i2.15529