Analisis Kebutuhan Website Sebagai Media Pembelajaran Membaca Dan Menulis Pada Fase A Di SDN Laladon 02 Bogor

Penulis

  • Nabila Silfani Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Widyasari Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Maimunah Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/edukha.v5i1.17089

Abstrak

Bahasa membuat ilmu pengetahuan dan sains menjadi berkembang sampai sekarang. Hal tersebut menjadi penting bagi seorang pendidik yang bertugas mengajarkan mata pelajaran bahasa pada siswa. Maka dari itu, lembaga pendidikan dan seorang pendidik memiliki kewajiban untuk meningkatkan atau mengupayakan keterampilan bahasa pada siswanya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kebutuhan website sebagai media pembelajaran membaca dan menulis di SDN Laladon 02 Bogor, dan di akhir tahap penelitian akan dirancang dan dikembangkan media pembelajaran tersebut berdasarkan informasi-informasi yang sudah dikumpulkan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi dengan pendekatan deskriptif kualitatif pada guru kelas 1, Ibu Siti Maria, S.Pd, dan guru kelas 2, Ibu Ernawati S.Pd. Hasil wawancara menunjukkan bahwa dari 43 siswa, masih ada 15 siswa yang belum bisa membaca dan menulis, 12 siswa belum bisa membaca dan 8 siswa sudah bisa membaca dan menulis dengan pendampingan khusus karena belum lancar dalam membaca. Hasil observasi ditemukan guru dalam mengajar masih menggunakan metode ceramah, jarang menggunakan media dan dalam mengajar hanya menggunakan buku paket dan LKS sebagai bahan ajar.

Diterbitkan

2024-06-25

Cara Mengutip

Silfani, N., Widyasari, & Maimunah. (2024). Analisis Kebutuhan Website Sebagai Media Pembelajaran Membaca Dan Menulis Pada Fase A Di SDN Laladon 02 Bogor. EDUKHA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 35–42. https://doi.org/10.32832/edukha.v5i1.17089

Terbitan

Bagian

Articles