PENGGUNAKAN MODEL COOPERATIF LEARNING TYPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Penulis

  • Cucu Hendrayani

DOI:

https://doi.org/10.32832/edukha.v1i2.3922

Abstrak

Penelitian ini beranjak dari fenomena yang terjadi di kelas bahwa rendahnya
pemahaman dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosialtentang Menjelaskan Proses Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Oleh karena itu seorang guru perlu mempertimbangkan strategi pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui model cooperatif learning type Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS tentang Menjelaskan Proses Persiapan Kemerdekaan Indonesia di kelas VIII A SMP Negeri 6 Kota Bogor semester 2 tahun pelajaran 2018/2019. (2) Untuk mendeskripsikan proses peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS tentang Menjelaskan Proses Persiapan Kemerdekaan Indonesia sebelum dan sesudah menggunakan model cooperatif learning type Think Pair Share (3) Untuk mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS tentang Menjelaskan Proses Persiapan
Kemerdekaan Indonesia setelah menggunakan model cooperatif learning type Think Pair Share. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model cooperatif learning type Think Pair Share dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas VIII A semester 2 SMP Negeri 6 Kota Bogor. Sebelum menggunakan model cooperatif learning type Think Pair Share hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 66 ,76
terjadi peningkatan setelah menggunakan model cooperatif learning type Think Pair Share menjadi 74,41 pada siklus 1 dan 81,62 pada siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model cooperatif learning type Think Pair Share yang disesuaikan dengan materi pembelajaran dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu peneliti menyarankan agar penggunaan model cooperatif learning type Think Pair Share disosialisasikan dan digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di sekolah-sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bogor

Diterbitkan

2020-11-01

Cara Mengutip

Hendrayani, C. (2020). PENGGUNAKAN MODEL COOPERATIF LEARNING TYPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL. EDUKHA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 100–114. https://doi.org/10.32832/edukha.v1i2.3922

Terbitan

Bagian

Articles