PENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)

Penulis

  • Ida Dorotul Faridah SD Negeri Kebon Pedes 3 Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/edukha.v2i2.5868

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui model cooperative learning type
Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada muatan pelajaran IPS tentang Menganalisis peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa di kelas V B SD Negeri Kebon Pedes 3 Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor semester 1 tahun pelajaran
2017/2018. (2) Untuk mendeskripsikan proses peningkatan hasil belajar peserta didik pada muatan pelajaran IPS tentang Menganalisis peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa sebelum dan sesudah menggunakan model cooperative learning type Think Pair Share di kelas V B SD Negeri Kebon Pedes 3 Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor semester 1 tahun
pelajaran 2017/2018.(3) Untuk mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik pada muatan pelajaran IPS tentang Menganalisis peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa setelah menggunakan model cooperative learning type Think Pair Share di kelas V B SD Negeri Kebon Pedes 3 Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor semester 1 tahun pelajaran
2017/2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model
cooperative learning type Think Pair Share dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas V B SD Negeri Kebon Pedes 3 Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor. Sebelum menggunakan model cooperative learning type Think Pair Share hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 67,24 kemudian terjadi peningkatan setelah
menggunakan model cooperative learning type Think Pair Share menjadi 73,95 pada siklus 1 dan 81,32 pada siklus 2 Dari uraian di atas peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan model cooperative learning type Think Pair Share menyenangkan sehingga terjadi peningkatan hasil
belajar peserta didik. Oleh karena itu peneliti menyarankan agar penggunaan model cooperative learning type Think Pair Share disosialisasikan dan digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran IPS di sekolah-sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bogor.

Diterbitkan

2021-11-01

Cara Mengutip

Faridah, I. D. (2021). PENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS). EDUKHA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 194–210. https://doi.org/10.32832/edukha.v2i2.5868

Terbitan

Bagian

Articles