PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TYPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TENTANG MENGIDENTIFIKASI BENUA-BENUA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Penulis

  • Kosasih . Sekolah Dasar Negeri Muarasari 3

DOI:

https://doi.org/10.32832/edukha.v2i2.5876

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui penerapan Model Pembelajaran
Cooperative Type Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial tentang mengidentifikasi benua-benua di Kelas VI A SD Negeri Muarasari 3 Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018. (2) Untuk menggambarkan proses peningkatan hasil belajar peserta didik tentang mengidentifikasi benua-benua pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial setelah menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Type Jigsaw di Kelas VI A SD Negeri Muarasari 3 Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018. (3) Untuk mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik tentang mengidentifikasi benua-benua pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial setelah menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Type Jigsaw di Kelas VI
A SD Negeri Muarasari 3 Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor Semester 2 Tahun
Pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Type Jigsaw dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas VI A
SD Negeri Muarasari 3 Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor. Sebelum menggunakan model pembelajaran Cooperative Type Jigsaw hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 69,14 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran Cooperative Type Jigsaw menjadi 75,57 pada siklus 1 dan 82,86 pada siklus 2 Dari Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Cooperative Type Jigsaw yang disesuaikan dengan materi pembelajaran dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu peneliti menyarankan agar penggunaan model
pembelajaran Cooperative Type Jigsaw disosialisasikan dan digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran IPS di sekolah-sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bogor

Diterbitkan

2021-11-01

Cara Mengutip

., K. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TYPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TENTANG MENGIDENTIFIKASI BENUA-BENUA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL. EDUKHA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 321–345. https://doi.org/10.32832/edukha.v2i2.5876

Terbitan

Bagian

Articles