PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO UNTUK MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMK TRI DHARMA 2 BOGOR

Penulis

  • Nurul Aulia Universitas Ibn Khaldun
  • Mohammad Muhyidin Nurzaelani Universitas Ibn Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/edukha.v3i1.7228

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan video untuk mendukung
proses kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran Matematika pada pokok bahasan Persamaan Lingkaran di kelas 11 Multimedia 2 di SMK Tri Dharma 2 Bogor. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Dengan menggunakan model pengembangan Dick & Carrey. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas 11 Multimedia 2 di SMK Tri Dharma 2 Bogor. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, hasil penilaian kelayakan uji coba ahli desain pembelajaran terhadap media video adalah 76,19% (layak). Kemudian hasil penilaian kelayakan uji coba ahli media terhadap media video adalah 74,66% (layak). Selanjutnya hasil penilaian kelayakan uji coba ahli materi terhadap media video adalah 82,5% (sangat layak). lalu hasil penilaian kelayakan uji coba perorangan terhadap media video adalah 81,428% (layak) dan hasil penilaian kelayakan uji coba perorangan terhadap media video adalah 85,71% (sangat layak).

Diterbitkan

2022-05-01

Cara Mengutip

Aulia, N., & Muhyidin Nurzaelani, M. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO UNTUK MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMK TRI DHARMA 2 BOGOR. EDUKHA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 128–143. https://doi.org/10.32832/edukha.v3i1.7228

Terbitan

Bagian

Articles