Penerapan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Tentang Penguasaan Komputer Program Microsoft Word, Excel, Dan Power Point Di SD Negeri Harjasari 2 Kota Bogor

Penulis

  • Yanti Widyawati Sekolah Dasar Negeri Harjasari 2 Kota Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/edukha.v3i2.8740

Kata Kunci:

Kompetansi Guru, Metode Tutor Sebaya, Penguasaan Komputer

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui metode tutor sebaya dapat meningkatkan kompetensi guru  tentang  penguasaan komputer (program microsoft word, excel, dan power point) di SD Negeri Harjasari 2 Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor semester 1 tahun pelajaran 2020/2021. (2) Untuk mendeskripsikan proses peningkatan kompotensi guru tentang penguasaan komputer (program microsoft word, excel, dan power point) sebelum dan sesudah menggunakan metode tutor sebaya di SD Negeri Harjasari 2 Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor semester 1 tahun pelajaran 2020/2021. (3) Untuk menngukur besarnya peningkatan kompetensi guru tentang penguasaan komputer (program microsoft word, excel, dan power point) setelah menggunakan metode tutor sebaya di SD Negeri Harjasari 2 Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor semester 1 tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode tutor sebaya dapat menjadi variasi pembinaan yang menyenangkan bagi guru-guru sehingga terbukti meningkatkan kompetensi guru-guru SD Negeri Harjasari 2 Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor. Sebelum menggunakan metode tutor sebaya, kompetensi guru tentang penguasaan komputer (program microsoft word, excel, dan power point) hanya 4 guru (30,77%) yang mampu, 9 guru (69,23%) belum mampu kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan metode tutor sebaya menjadi 8 guru (61,54%) yang mampu, 5 orang (39,46%) belum mampu pada siklus 1 dan 12 guru (92,31%) mampu dan 1 guru (7,69%) pada siklus 2

Referensi

Depdiknas. (2004). Kerangka Dasar Kurikulum 2004. Jakarta.

Djamarah, S.B. dan Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun (2007), Standar Kualifikasi akdemik dan Kompetensi Guru, Jakarta, Depdiknas.

Sudjana, N. & Rivai, A. (2009). Media pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Syah, M. (2000). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Diterbitkan

2022-12-05

Cara Mengutip

Widyawati, Y. (2022). Penerapan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Tentang Penguasaan Komputer Program Microsoft Word, Excel, Dan Power Point Di SD Negeri Harjasari 2 Kota Bogor. EDUKHA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 160–171. https://doi.org/10.32832/edukha.v3i2.8740

Terbitan

Bagian

Articles